Arti Telinga Berdenging Sebelah Kanan Menurut Islam, Baca Doa dan Sholawat Ini

Arti Telinga Berdenging Sebelah Kanan Menurut Islam, Baca Doa dan Sholawat Ini

Teknologi | BuddyKu | Senin, 8 Agustus 2022 - 20:52
share

JAKARTA, iNews.id - Tiap orang pasti pernah mengalami ataupun merasakan telinga berdenging. Lalu, apa arti telinga berdenging sebelah kanan menurut Islam?

Dalam pandangan ilmu kesehatan, telinga berdenging atau tinnutus terjadi karena ada gangguan kesehatan mulai penyakit jantung ataupun tekanan darah tinggi.

Dalam kepercayaan di masyarakat, jika telinga berdenging dianjurkan untuk meniupkan ke telapak tangan lalu ditempelkan ke telinga yang berdenging.

Namun, menurut agama Islam, telinga berdenging sebelah kanan memiliki makna lain termasuk cara menanganinya dengan bacaan doa dan sholawat.

Dilansir dari kumpulan buku PISS-KTB, orang yang mengalami gejala telinga berdenging sebelah kanan dianjurkan untuk berdoa dan membaca sholawat.

Hal itu karena orang tersebut sedang disebut oleh Rasulullah SAW sebagaimana disebutkan oleh Imam Munawi dalam kitab At-Taysir bi Syarh al-Jami\'ish Shoghir :

Artinya: Maka sesungguhnya telinga itu berdengung ketika datang berita baik kepada ruh, yaitu Rasulullah SAW al-Mushthofa telah menyebut orang tersebut (pemilik telinga yang berdengung) dengan kebaikan di mala-il ala (perkumpulan atau majelis tertinggi) di alam ruh.

Sedang dalam Al-jami\'ish shoghir Imam suyuthi dijelaskan :

Artinya: Jika berdengung telinga seseorang dari kalian, maka ingatlah aku, dan bershalawatlah atasku, dan katakan: Dzakarollohu man dzakaroni bi khayr (Semoga Allah menyebut orang yang menyebutku dengan kebaikan). [Al-Jami\'ush Shoghir lis Suyuthi] .

Dalam Kitab Al-Mu\'jamul Kabir lithThobroni, bersabda Rasulullah shallallahu alayhi wa sallam, Jika berdengung telinga seseorang dari kalian, maka ingatlah aku, dan bershalawatlah atasku, dan katakan: Dzakarollohu bi khayrin man dzakaroni (Semoga Allah menyebut dengan kebaikan orang yang menyebutku).

Doa ketika Telinga Berdenging Sebelah Kanan

Dalam hadits tersebut di atas dianjurkan bagi orang yang mengalami telinga berdenging sebelah kanan untuk membaca doa dan sholawat Nabi.

Doa tersebut terdapat dalam Hadits yang diriwayatkan Imam al-Bazzar dengan redaksi doa:

Ya Allah, sebutlah dengan kebaikan orang yang menyebut kami dengan kebaikan.

Allaahumma shalli alaa sayyidinaa muhammadin wa alaa aali sayyidinaa muhammadin, dzakarahullaahu man dzakaranii bikhairin.

Artinya: Hai Tuhanku, berilah shalawat dan sejahtera atas sayyidina Muhammad dan atas keluarga sayyidina muhammad. Semoga Allah menyebut dengan rahmat orang yang menyebutku dengan kebaikan, (Sayid Utsman bin Yahya, Maslakul Akhyar, Cetakan Al-Aidrus, Jakarta).

Para ulama telah mengajarkan agar bershalawat kepada Nabi ketika telinga berdengung atau berdenging sebelah kanan. Maka amalan ini sungguh boleh dikerjakan.

Apalagi perintah shalawat itu adalah perintah umum yang boleh dilakukan kapan saja, kecuali pada waktu dan tempat tertentu, seperti ketika di kakus atau kamar kecil.

Demikian penjelasan mengenai arti telinga berdenging sebelah kanan menurut Islam berikut dengan bacaan doa dan sholawat yang bisa diamalkan.

Wallahu A\'lam

Topik Menarik