PC IPHI Kecamatan se-Kota Tasikmalaya Resmi Dilantik dan Dikukuhkan

PC IPHI Kecamatan se-Kota Tasikmalaya Resmi Dilantik dan Dikukuhkan

Terkini | tasikmalaya.inews.id | Jum'at, 10 Mei 2024 - 20:41
share

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id - Pengurus Cabang (PC) Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kecamatan se-Kota Tasikmalaya resmi dilantik dan dikukuhkan di Gedung Dakwah, pada Jumat (10/5/2024) sore.

Pengurus dengan masa bakti 2024-2029 itu dilantik dan dikukuhkan oleh Ketua IPHI Kota Tasikmalaya, Nurul Awalin, yang disaksikan langsung Forkopimda Kota Tasikmalaya dan tamu undangan lainnya.

Nurul Awalin mengatakan, IPHI merupakan sebuah organisasi yang baru kembali hadir di Kota Tasikmalaya setelah sekian lama vakum.

Sehingga, lanjut dia, dengan tugas pokoknya yakni menjaga haji mabrur yang dimiliki masing-masing jemaah haji itu ialah berumur panjang sampai kepada mereka berkiprah di masyarakat.

"Kalau sudah bicara masyarakat kan berarti bicara tentang kewajiban pemda juga, bagaimana membina masyarakat, si jemaah-jemaah haji itu kan bisa dijadikan pion-pion untuk secara langsung bisa bertemu dengan masyarakat disegala bidang kehidupan," kata Nurul.

Menurut dia, untuk mengoptimalkan peran-peran mereka yang tergabung dalam PC IPHI Kecamatan se-Kota Tasikmalaya sangat perlu peran dari pemerintah.

"Perlu peran pemerintah, kitakan perlu ada koordinasi, perlu ada sinkronisasi, program-program pemberdayaan masyarakat. Kemitraan belum, karena IPHI nya baru lahir kembali, selama kepengurusannya gak jelas, baru sekarang jalan lagi," ucapnya.

"Yang penting bantu kita melakukan pembinaan saja, yang terdekat saja, tanggal 22 Mei ada pemberangkatan haji, itu kan PPHD. Tapi setelah haji itu diserahkan ke IPHI membinanya gimana IPHI, mereka butuh support," pungasnya.

Sementara itu, Sekda Kota Tasikmalaya, Ivan Dicksan mengapresiasi kembalinya IPHI Kecamatan se-Kota Tasikmalaya yang telah lama vakum tersebut.

Menurutnya, IPHI adalah tempat silaturahminya para haji di Kota Tasikmalaya, yang memang ada di mana-mana secara nasional.

"Ditambah karena memang persaudaraan yang terbangun selama melaksanakan ibadah haji itu harus terjalin, karena selama menjalankan ibadah haji itu, kita dengan satu regu, dengan satu kloter itu betul-betul kaya saudara," kata Ivan.

Ivan berharap, silaturahmi tersebut bisa dibawa sampai ke tanah air untuk menjadi semangat persaudaraan itu mesti menjadi organisasi sosial yang berkontribusi, salah satunya ialah keteladanan.

"Jadi para haji itu harus bisa memberikan keteladanan kepada masyarakatnya. Karena mereka pasti dipandang oleh masyarakat, nah itu harus ada timbal baliknya, bagaimana itu keteledanannya," ujarnya.

"Saya berharap dengan organisasi ini, bisa berkolaborasi dengan pemerintah, mereka memberikan keteladanan. Keteladanan itu bisa menolong masyarakat dan juga bisa berkontribusi, berkolabari dengan program-program. Contoh yang kecil mereka memberikan keteladanan dengan kaitan kebersihan lingkungan, kaitan dengan kesehatan, dan program-program yang lain," tandas Ivan.

Topik Menarik