Gerindra dan Nasdem Kabupaten Tasikmalaya Koalisi untuk Pilkada 2024

Gerindra dan Nasdem Kabupaten Tasikmalaya Koalisi untuk Pilkada 2024

Terkini | tasikmalaya.inews.id | Jum'at, 10 Mei 2024 - 15:31
share

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Nasdem dan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Gerindra Kabupaten Tasikmalaya resmi berkoalisi untuk menghadapi kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Kesepakatan koalisi ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman yang dilakukan pimpinan kedua parpol yang digelar di Kantor DPD Partai Nasdem, Kabupaten Tasikmalaya, Jumat (10/5/2024).

Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Tasikmalaya, Haris Sanjaya mengatakan, bahwa momen tersebut merupakan momen yang monumental bagi kedua parpol, dengan jumlah total kursi 10 dari kedua partai.

"Ini sudah menandakan bahwa koalis ini memiliki satu tiket sah untuk dapaf mendaftar calon kepala daerah di KPU nanti. Jadi ini merupakan fondasi awal bahwa pemenuhan untuk persyaratan daftar ke KPU untuk iktu kontestasi sudah terpenuhi," kata Haris.

Meski demikian, Haris menyebut, Gerindra dan Nasdem tidak menutup diri untuk melakukan komunikasi dengan semua parpol yang ada di Kabupaten Tasikmalaya.

"Hal ini kami lakukan untuk melengkapi instrumen kemenangan koalisi, komunikasi tidak terbatas, baik dengan parpol yang berada di parlemen maupun yang tidak di parlemen. Dan kami sangat terbuka bagi partai yang ingin bergabung dalam koalisi untuk sama-sama berkomitmen akan kemajuan Kabupaten Tasikmalaya," tegasnya.

Soal sosok yang akan diusung, Haris mengungkapkan, pihaknya masih menjalankan mekanisme penjaringan baik yang tertutup maupun yang terbuka.

"Sudah mengusulkan nama-nama tetapi kita masih akan kaji. Jadi kami masih menggodok nama yang akan diajukan di dalam koalisi untuk nantinya diusung menjadi calon pasangan Bupati dan Wakil Bupati Tasikmalaya," papar Haris.

Sementara itu, Ketua DPD Partai Nasdem Kabupaten Tasikmalaya, Ade Ikhwan Batara mengungkapkan, bahwa langkah yang dilakukan Partai Nasdem dan Partai Gerindra untuk menjalin kerja sama menghadapi Pilkada 2024 sudah tepat.

Lanjut Ade, untuk menuju ketahap koalisi dengan Partai Gerindra sudah pihaknya komunikasikan sejak jauh-jauh hari. Terlebih kedua partai tersebut dinilai cocok untuk bersama-sama.

"Ya saya rasa kalau untuk kebaikan lebih cepat lebih baik, saya berharap juga kan untuk partai-partai yang lain berkomitmen untuk kemaslahatan Kabupaten Tasikmalaya. Karena kita pun perlu strategi perlu pengkajian sosok apa yang diperlukan untuk Tasikmalaya. ucap Ade.

Ade pun bersependapat dengan Partai Gerindra yang akan terus melakukan komunikasi dengan parpol lainnya untuk menjalin kerja sama politik dalam menghadapi Pilkada Kabupaten Tasikmalaya 2024.

"Kami akan terus melakukan komunikasi dengan parpol lain, untuk terus menerima masukan tentang sosok seperti apa yang dibutuhkan untuk kemajuan Kabupaten Tasikmalaya," pungkas Ade.

Topik Menarik