Satu Rumah di Awipari Kota Tasikmalaya Rusak Terdampak Gempa Garut

Satu Rumah di Awipari Kota Tasikmalaya Rusak Terdampak Gempa Garut

Terkini | tasikmalaya.inews.id | Minggu, 28 April 2024 - 00:41
share

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id - Ketua Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tasikmalaya, Harisman, menyampaikan, pascagempa bumi yang mengguncang Kabupaten Garut, Jawa Barat, pada Jumat (27/4/2024) malam, sudah masuk laporan adanya kerusakan rumah terdampak gempa.

"Sudah masuk 1 laporan ke piket Posko BPBD dari Cibeureum," ujar Harisman, Sabtu (28/4/2024) pagi.

Dari laporan yang masuk ke BPBD, rumah yang terdampak gempa Garut berada di Awipari Kulon, Kelurahan Awipari, Kecamatan Cibeureum, Kota Tasikmalaya. Dinding rumah ambruk dan retak-retak akibat getaran gempa bumi berkekuatan 6,5 Magnitudo yang mengguncang Kabupaten Garut.

"Rumah pak Sutisna. Tim BPBD sedang persiapan menuju lokasi sambil patroli," ucapnya.

Dampak gempa juga terjadi di Kabupaten Tasikmalaya. Plafon Gedung Kwarcab Pramuka Kabupaten Tasikmalaya ambruk. Selain itu, kaca pintu depan pun pecah.

Dalam rekaman video yang beredar di grup WhatsApp, tampak seluruh plafon roboh dan kaca pintu depan pecah. Puing-puing plafon tampak berserakan di dalam gedung.

"Melaporkan info terkini, kondisi kwarcab bagian atapnya rubuh. Ya Allah, kaca depan pecah," ujar si perekam video.

Diketahui, gempa bumi dengan kekuatan 6,5 Magnitudo mengguncang wilayah Kabupaten Garut, Jawa Barat. Getaran gempa dirasakan kuat di Tasikmalaya, Ciamis, hingga Banjar.

Sejauh ini, belum ada laporan terkait adanya korban orang dampak dari gempa Garut.

Topik Menarik