PKB Bantah Telah Usung Calon Wali Kota Tasikmalaya untuk Pilkada 2024

PKB Bantah Telah Usung Calon Wali Kota Tasikmalaya untuk Pilkada 2024

Terkini | tasikmalaya.inews.id | Selasa, 16 April 2024 - 11:01
share

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id - Ketua DPC PKB Kota Tasikmalaya, H. Wahid menegaskan, bahwa partai yang dibidani Nahdlatul Ulama (NU) ini belum mengusung bakal kandidat bakal calon Wali Kota Tasikmalaya untuk Pilkada 2024.

Hal tersebut disampaikan Wahid untuk membantah isu yang berkembang bahwa PKB telah dipastikan mengusung salah satu nama.

"Kami tegaskan atas nama institusi DPC PKB Kota Tasikmalaya bahwa PKB belum mengusung calon," kata Wahid, Selasa (16/4/2024).

Menurut Wahid, telah dimaklumi disetiap kontestasi pilkada selalu muncul isu yang mengarah pada hal tersebut. Misal, si A meski tercatat di partai B, Tapi tak dicalonkan oleh partainya karena partai B tersebut mengusung kader lain.

"Untuk itu DPC PKB Kota Tasikmalaya melalui Desk Pilkada membantah isu itu yang salah satunya dengan membuka penjaringan pendaftaran calon yang terbuka bagi siapapun," ujarnya.

Wahid pun mengungkapkan bahwa setiap partai memiliki mekanisme tersendiri. Salah satunya kalau di PKB harus melalui tahapan penjaringan calon yang diatur dalam Peraturan PKB Nomor 9 Tahun 2024 tentang Penjaringan, Penetapan dan Pemenangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota.

 

Peraturan tersebut, kata Wahid, sebagai bentuk sistemisasi kinerja dari DPP agar terjadi kepastian hukum dalam pelaksanaan pilkada sehingga internal politik PKB berjalan tertib.

"Nah intinya PKB sangat terbuka bagi kader maupun non kader untuk diusulkan ke DPP mendapat SK Pengusungan sebagai calon. Maka daripada muncul isu ini itu, kami mengajak daftar dululah ke PKB," tuturnya.

Disinggung kapan pendaftaran penjaringan bakal calon dimulai, Wahid mengutarakan akaj dibuka pada 1 - 10 Mei 2024 untuk pengambilan formulir. Selanjutnya verifikasi administrasi dan uji kepatutan kelayakan di Jakarta oleh DPP.

"Nah, mekanismenya seperti itu. PKB membuka pendaftaran nanti serta terbuka bagi siapapun tak mesti harus dari kader internal. Toh yang menentukan DPP karena kami di daerah sebatas operator," ucapnya.

Wahid pun tetap menjujung tinggi kesepahaman dengan PKS bahwa dua partai ini tetap komit bekerja sama dalam pilkada demi Tasikmalaya Baru sesuai tagline yang disepakati.

 

 

Topik Menarik