Uang Hilang Mendadak di Rekening, Puluhan Nasabah Demo Kantor Pusat BTN

Uang Hilang Mendadak di Rekening, Puluhan Nasabah Demo Kantor Pusat BTN

Terkini | tangsel.inews.id | Rabu, 1 Mei 2024 - 12:50
share

JAKARTA, iNewsTangsel.id - Puluhan nasabah datang ke kantor pusat Bank Tabungan Negara (BTN) di Jalan Harmoni, Gambir, Jakarta Pusat, pada hari Selasa (30/4/2024). Mereka menuntut pengembalian uang yang hilang dari rekening mereka dengan segera.

Dalam aksi tersebut puluhan nasabah melakukan demonstrasi dan pertunjukan teatrikal karena sejumlah uang mereka tiba-tiba hilang saat disimpan di bank yang dimiliki oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut.

Sambil membentangkan spanduk dan poster bergambar, para nasabah meminta agar Direksi Bank BTN bertanggung jawab. Mereka juga meminta Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk menindaklanjuti kasus ini.

Koordinator aksi, Gregorius Upi, mengatakan bahwa sekitar puluhan miliar uang hilang sejak menabung di Bank BTN dua tahun yang lalu. Kasus ini telah dilaporkan ke Polda Metro Jaya dan Bareskrim Polri.

"Selama ini kami menahan diri. Kami menghitung totalnya ada puluhan miliar dari beberapa nasabah," ujar Gregorius.

Menurut Gregorius, sejumlah uang yang hilang adalah milik beberapa pengusaha, wiraswasta, bahkan pensiunan. Dampaknya, beberapa usaha milik pengusaha mengalami kesulitan modal, termasuk para pensiunan yang akhirnya terjerat pinjol karena uang pensiun mereka habis.

Mengenai hal ini, para nasabah telah berusaha dengan melaporkan ke OJK, polisi, dan mengirim surat kepada berbagai pihak. Namun, upaya tersebut belum mendapat respons.

"Sekarang, ketika tidak ada lagi yang membantu kami, apa yang harus kami lakukan?" kata Gregorius.

Para nasabah mengancam akan terus melakukan demonstrasi sampai tuntutan mereka untuk pengembalian uang terpenuhi. Aksi demonstrasi ini diwarnai dengan pembakaran ban, orasi, dan adegan teatrikal. Aparat kepolisian juga mengawasi demo ini dengan ketat.

Topik Menarik