Tingkatkan Mutu Pendidikan, Grup Merdeka Kenalkan Dunia Pertambangan di Kalangan Akademisi

Tingkatkan Mutu Pendidikan, Grup Merdeka Kenalkan Dunia Pertambangan di Kalangan Akademisi

Ekonomi | surabaya.inews.id | Selasa, 7 Mei 2024 - 12:10
share

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - PT Merdeka Copper Gold Tbk (IDX:MDKA/ Merdeka) turut mengembangkan program Merdeka Mengajar bekerjasama dengan sejumlah perguruan tinggi di Indonesia.

Hal itu merupakan refleksi semangat Hari Pendidikan Nasional dan sebagai kontribusi dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia.

Merdeka memandang strategis peran serta segenap unit usaha, untuk dapat memajukan dan berkontribusi positif dalam peningkatan mutu pendidikan di Indonesia khususnya dalam mempersiapkan angkatan kerja yang berkualitas sebagai generasi penerus

Dalam kurun waktu setahun terakhir, PT Merdeka Copper Gold, Tbk telah membangun kerjasama strategis dengan sejumlah perguruan tinggi negeri di beberapa daerah, dalam kerangka peningkatan mutu sumber daya manusia yang memiliki kemampuan potensial.

Program Merdeka Mengajar memiliki visi mengangkat mutu pendidikan dengan memberikan gambaran pengalaman dunia pertambangan, lewat perspektif usaha Grup Merdeka di tiap operasi dan proyek tambang yang berjalan.

Program Merdeka Mengajar telah bekerjasama dengan sejumlah perguruan tinggi. Di antaranya Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, Universitas Negeri Surabaya, dan Universitas Negeri Gorontalo.

Pendidikan dikemas dengan kegiatan kuliah umum dan kuliah tamu yang berisi pemaparan ilmu serta sharing session tentang dunia pertambangan dari berbagai perspektif seperti lingkungan, regulasi, ekonomi, Corporate Social Responsibility hingga komunikasi.

Grup Merdeka berkomitmen memberikan kontribusi positif bagi peningkatan mutu pendidikan. Program Merdeka Mengajar memberikan gambaran nyata pengalaman dan tantangan dunia pertambangan saat ini, ungkap Tom Malik, General Manager Corporate Communications Merdeka Copper Gold,Tbk.

Sebagai contoh diawal tahun ini, program Merdeka Mengajar dilaksanakan di Fakultas Teknik Pertambangan Institut Teknologi Bandung.

Pada kegiatan ini, Merdeka, memaparkan tema pengelolaan pertambangan yang efektif yang disampaikan oleh Hedi Hastriawan, Project Economist Assistant Manager Merdeka Copper Gold.

Dalam kegiatan kuliah tamu yang dihadiri puluhan mahasiswa ITB ini, Hedi memaparkan sejumlah pengalaman dan ilmu dalam mengelola aspek dukungan finansial dalam dunia pertambangan secara efektif dan tepat sasaran.

Kegiatan ini disambut baik oleh Firli, salah satu Dosen di Fakultas Teknik Pertambangan ITB dan berharap kerjasama positif dalam peningkatan mutu pendidikan seperti ini dapat kembali berlangsung dan memberikan mahasiswa pengalaman dalam persiapan menuju dunia kerja di ranah pertambangan yang nyata.

Kami berterima kasih atas kontribusi keilmuan serta sharing yang diberikan PT Merdeka Copper Gold, Tbk dan berharap dapat bekerja sama kembali dalam kerangka kerjasama positif yang dapat dibangun. kata Firli.

Setelah Institut Teknologi Bandung, pada akhir Mei mendatang, PT Merdeka Copper Gold, Tbk akan kembali menggelar kegiatan kuliah tamu, bekerja sama dengan Universitas Negeri Gorontalo, Sulawesi.

Selain akan memberikan paparan ilmu dunia pertambangan, program Merdeka Mengajar ini juga menjadi rangkaian dari kerjasama dalam peningkatan sumber daya manusia di Gorontalo, yang telah ditandatangani sebelumnya oleh pihak Universitas Gorontalo dan PT Merdeka Copper Gold, Tbk.

Selain di Gorontalo, PT Bumi Suksesindo, anak perusahaan PT Merdeka Copper Gold,Tbk yang mengelola Operasi Tambang Emas Tujuh Bukit di Banyuwangi, Jawa Timur, juga berkontribusi di jalur pendidikan melalui bantuan beasiswa.

Sepanjang 2024 hingga Maret lalu, PT Bumi Suksesindo tercatat telah memberikan 121 beasiswa kepada masyarakat sekitar untuk jenjang pendidikan D3,S1 Perguruan tinggi serta Pesantren dengan nilai mencapai ratusan juta rupiah. Komitmen ini semakin menguatkan kontribusi Grup Merdeka dalam hal dukungan pendidikan.

Kedepan, Grup Merdeka berkomitmen memberikan sumbangsih berkesinambungan dalam dunia pendidikan Indonesia, khususnya di wilayah-wilayah strategis bersama perguruan tinggi terkemuka di beberapa wilayah.

Sebagai salah satu pilar penopang generasi bangsa, pendidikan yang bermutu menjadi satu konsep tak terbantahkan yang harus dijalankan secara konsisten dan berkesinambungan oleh grup Merdeka.

Topik Menarik