Viral! Anak Perempuan Masih SD di Sampang Tunangan, Ini Bahayanya Versi BKKBN Jawa Timur

Viral! Anak Perempuan Masih SD di Sampang Tunangan, Ini Bahayanya Versi BKKBN Jawa Timur

Terkini | surabaya.inews.id | Jum'at, 19 April 2024 - 21:20
share

SAMPANG, iNewsSurabaya.id - Viral beredar seorang bocah perempuan melangsungkan prosesi lamaran. Acara lamaran itu ternyata terjadi di Desa Darma Camplong Kecamatan Camplong Madura, Jawa Timur.

Kabar tersebut langsung menjadi perhatian publik, sebab bocah perempuan tersebut masih berusia sangat dini dan masih duduk di Bangku Sekolah Dasar (SD)

Menanggapi kasus tersebut, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Jawa Timur mendatangi langsung pihak keluarga untuk memberikan pembinaan.

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur, Maria Ernawati mengatakan setelah di klarifikasi di Madura ini kebanyakan ada budaya untuk mengikat melalui pertunangan walaupun masih usia dini.

"Mungkin supaya ikatan kekeluargaan besar itu tetap utuh." katanya Kepada iNews Media Grup, Jum'at (19/4/2024)

Ia menegaskan bahwa prosesi itu hanya sekedar tunangan saja bukan acara pernikahan.

"Pihak keluarga menyampaikan acara tersebut hanya sebatas pemikat saja namun pernikahannya akan di dilaksanakan setelah anak ini lulus kuliah." terangnya.

Erna berharap kepada pemerintah Daerah untuk terus memberikan sosialisasi tentang bahaya nya pernikahan dini. "Baik dari sisi kesehatan anak juga dengan faktor ekonomi." ujarnya

Dia juga mengungkap terkait dengan stunting dimana faktor terbesar anak stunting itu karena pernikahan di usia dini.

"Terjadinya anak stunting itu karna Kehamilan-kehamilan yang tidak diinginkan oleh anak tersebut." pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, Warganet dihebohkan dengan acara prosesi tunangan seorang bocah perempuan di pulau madura, Jawa Timur.

Momen itu diunggah akun @maduratrending terlihat bocah memakai baju warna hijau memakai jilbab lengkap dengan wajah yang sudah di Meck Up.

Dalam video berdurasi 45 detik tersebut, tampak seorang bocah perempuan tengah bersalaman dengan para tamu undangan.

Prosesi tunangan yang dilakukan di rumah tersebut dihadiri sejumlah tamu undangan khususnya para wanita yang tengah duduk berjejer di beranda sebuah rumah.

Bocah Perempuan tersebut juga tampak menggunakan lipstik di bagian bibirnya selama prosesi pertunangan berlangsung.

Dia juga menunjukkan perhiasan diketahui pemberian dari si laki - laki pas acara lamaran tersebut.

Adapula beberapa barang seserahan lainnya yang diberikan ke bocah berusia 4 tahun ini. Salah satunya sepatu anak-anak berwarna merah muda.

Topik Menarik