Profil Setyo Budiyanto, Eks Penyidik KPK yang Naik Pangkat Komjen Pol di 2024

Profil Setyo Budiyanto, Eks Penyidik KPK yang Naik Pangkat Komjen Pol di 2024

Nasional | sindonews | Kamis, 9 Mei 2024 - 09:59
share

Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo melakukan mutasi, rotasi, dan promosi jabatan di institusi Polri. Salah satu perwira tinggi (Pati) Polri yang mendapatkan kenaikan pangkat karena menduduki jabatan baru di awal 2024 adalah Irjen Pol Setyo Budiyanto.

Irjen Pol Setyo Budiyanto yang sebelumnya menjabat sebagai Pati Itwasum Polri ini mendapat promosi jabatan menjadi Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Pertanian (Kementan) RI. Dengan jabatan barunya tersebut, maka pangkat Setyo Budiyanto naik satu tingkat dari sebelumnya menjadi Komisaris Jenderal (Komjen) Pol.

Kenaikan pangkat itu berdasarkan Surat Telegram Nomor: STR/817/III/KEP./2024 Tentang Kenaikan Pangkat Reguler Pati Polri dan Nomor: STR/818/III/KEP./2024 Tentang Kenaikan Pangkat Pengabdian Pati Polri.

Hari ini, Rabu, 27 Maret 2024 dilaksanakan pelantikan kenaikan pangkat Pati Polri, ujar Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Trunoyudo Wisnu Andiko, dikutip SINDOnews, Kamis (9/5/2024).

Menilik ke belakang, Jenderal Polisi kelahiran Surabaya, Jawa Timur pada 29 Juni 1967 ini merupakan Pati Polri yang memiliki karier cemerlang. Lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) 1989 yang berpengalaman di bidang reserse. Dia mengawali kariernya sebagai Kanit Harda Sat Serse Poltabes Ujung Pandang, kemudian Kasat Serse Polres Jeneponto, Kasubbag Opsnal Bagian Sersetik, dan Kapolsekta Wajo Poltabes Ujung Pandang.

Lulusan Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) pada 1999 ini kemudian dipercaya menjadi Kabag Serse Ekonomi Polda Lampung, Kabag Serse Narkoba Polda Lampung, Wakapolres Lampung Utara, Kabag Ops Poltabes Bandar Lampung.

Tidak hanya itu, alumni Sekolah Staf dan Pimpinan Polri (Sespim) 2007 ini kemudian mendapatkan amanah untuk mengemban jabatan sebagai Kapusdalops Polda Lampung, Kabag Strabang Biro Rena Polda Lampung, Kasat Tipikor Ditreskrim Polda Lampung.

Lama bertugas di Polda Lampung, dia kemudian dimutasi menjadi Kasat Tipikor Polda Papua, kemudian Kapolres Teluk Wandawa, Kapolres Biak Numfor pada 2009. Kariernya di Korps Bhayangkara terus meningkat, dia kemudian diangkat menjadi Wadirreskrim Polda Papua hingga Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Papua.

Dari Papua, dia kemudian ditarik ke Mabes Polri menjadi Penyidik Utama Biro Wassidik Bareskrim Polri, kemudian dimutasi Penyidik Eksekutif Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Suami dari Hj. Henny Setyobudi ini diangkat menjadi Analis Kebijakan Utama Bidang Tindak Pidana Ekonomi Dan Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri.

Kariernya semakin cemerlang, dia selanjutnya dipercaya menjadi Koordinator Supervisi Kedeputian Penindakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hingga Direktur Penyidikan KPK. Pengalamannya di lembaga antirasuah inilah yang dikemudian hari mengantarkannya menjadi pejabat penting di Kementerian Pertanian.

Dari KPK, dia kembali ke institusi Polri dengan menjabat sebagai Kapolda Nusa Tenggara Timur (NTT) pada 2021. Setahun kemudian, lulusan Sekolah Staf dan Pimpinan Tinggi (Sespimti) Polri 2017 diangkat menjadi Kapolda Sulawesi Utara (Sulut) pada 2022 sebelum akhirnya ditarik kembali ke Mabes Polri sebagai Pati Itwasum Polri pada 2024.

Belum lama menduduki jabatan tersebut, dia kemudian dipercaya menjadi Irjen Kementerian Pertanian sejak 22 Maret 2024 hingga sekarang. Penugasan di luar institusi Polri ini bertujuan untuk mengembalikan kepercayaan publik dan nama baik Kementan.

Topik Menarik