Apa yang Akan Terjadi setelah Perlintasan Batas Rafah Dikuasai Tentara Israel?

Apa yang Akan Terjadi setelah Perlintasan Batas Rafah Dikuasai Tentara Israel?

Global | sindonews | Rabu, 8 Mei 2024 - 19:19
share

Ribuan warga Palestina yang menunggu giliran meninggalkan Gaza melalui perbatasan Rafah kini terjebak di wilayah pesisir yang terkepung dan dilanda perang ketika tentara Israel menyerbu satu-satunya penghubung warga Palestina ke dunia luar.

Pada Selasa pagi tanggal 7 Mei, tentara Israel menyerbu perbatasan Rafah dengan tank militer, merebut kendali dan mengibarkan bendera Israel di pintu masuk.

Serangan Israel terjadi setelah bentrokan sengit sepanjang malam dengan pejuang bersenjata Palestina, yang berusaha mencegah tentara mencapai perbatasan.

Pada malam hari, menurut sumber keamanan Palestina dan penduduk setempat, pesawat tempur Israel melakukan puluhan serangan terhadap kota Rafah, termasuk di sekitar perbatasan.

Pada hari Senin, tentara Israel secara paksa mengevakuasi ribuan warga Palestina dari rumah mereka yang terletak di bagian timur kota Rafah di bagian selatan Jalur Gaza yang dilanda perang.

Al-Salam, Al-Jeneina, Tabba Zaraa dan Al-Byouk, serta blok 10-16, 28, dan 270, termasuk di antara wilayah utama yang harus segera dievakuasi, menurut selebaran yang dijatuhkan oleh pesawat Israel.

Tentara Israel akan bekerja dengan kekuatan ekstrim melawan kelompok pejuang Hamas di lingkungan (ini), Avichai Adaraee, juru bicara tentara Israel, mengklaim dalam pernyataan pers yang dirilis di akunnya di X, dilansir Al Jazeera.

Daerah penyeberangan perbatasan Rafah adalah salah satu dari banyak lokasi yang diperintahkan Israel untuk dievakuasi oleh warga Palestina. Akibatnya, warga Gaza khawatir jika tentara menyerang wilayah tersebut, perbatasan akan ditutup.

Apa yang Akan Terjadi setelah Perlintasan Batas Rafah Dikuasai Tentara Israel?

1. Perang Gaza Tidak Akan Berakhir

Foto/Reuters

Sumber resmi Palestina, yang memilih untuk tidak menyebutkan nama mereka, mengatakan kepada TNA bahwa invasi tentara Israel ke Rafah ketika Perdana Menteri Israel bersumpah untuk tidak mengakhiri perang di Gaza dan tidak akan mematuhi tekanan apa pun untuk mengakhiri perang di Gaza.

Netanyahu berkeinginan untuk tidak mengakhiri perang dalam upaya mempertahankan kendalinya di Israel dengan cara apa pun, kata seorang pejabat Palestina yang berbasis di Ramallah, yang memilih untuk tidak mau disebutkan namanya, kepada TNA.

Tanpa menginvasi Rafah, Netanyahu (yakin) akan tampil sebagai politisi lemah yang tidak mencapai tujuan apa pun, setidaknya di depan para pendukung sayap kanan ekstremnya, tambah pejabat itu.

Namun, hal ini berarti bahwa penyeberangan perbatasan Rafah mungkin akan diserang secara langsung oleh tentara Israel (seperti yang dilakukan pada penyeberangan Erez) dengan dalih untuk mencegah anggota Hamas melarikan diri dari wilayah kantong pantai tersebut.

Saat ini, sekitar 2,3 juta orang terjebak dalam apa yang digambarkan oleh banyak komentator dan kelompok hak asasi manusia sebagai 'penjara terbuka' karena Israel mencegah mereka meninggalkan daerah kantong pesisir tersebut, yang telah berada di bawah blokade kejam Mesir-Israel selama lebih dari 17 tahun.

Kami tidak tahu apa yang akan terjadi dalam beberapa jam ke depan, namun menutup perbatasan berarti ribuan orang yang terluka parah akan menghadapi kematian karena tidak satupun dari mereka dapat meninggalkan Gaza untuk mendapatkan perawatan, Wael Abu Omer, juru bicara perbatasan, mengatakan kepada TNA.

Pendudukan Israel bersikeras untuk menghukum tanpa pandang bulu seluruh rakyat kami di Gaza. Mereka (Israel) hanya ingin membatasi seluruh kehidupan kami, ujarnya.

Menurut pengumuman resmi yang dikeluarkan oleh Otoritas Penyeberangan dan Perbatasan, lebih dari 300 truk berisi bantuan kemanusiaan, barang, bahan bakar, dan gas untuk memasak memasuki Jalur Gaza setiap hari.

Namun jumlah tersebut belum cukup untuk memenuhi kebutuhan warga Jalur Gaza, apalagi kebutuhan sehari-hari mereka (pada waktu-waktu biasa) melebihi 600 truk, mengingat kepadatan penduduk yang tinggi di wilayah tersebut.

PBB dan organisasi internasional telah memperingatkan dampak buruk yang ditimbulkan oleh jumlah tersebut, yang tidak sesuai dengan jumlah penduduk dan telah meningkatkan tingkat kelaparan di wilayah tersebut, terutama di bagian utara Gaza, yang menjadi sasaran pengepungan terburuk yang berlangsung selama berbulan-bulan. menyebabkan kematian puluhan warga karena kekurangan gizi dan kelaparan.

Warga di wilayah tengah dan selatan, tempat berkumpulnya lebih dari 1,9 juta orang, akan menghadapi situasi yang sama jika bantuan, obat-obatan, dan bahan bakar tidak dibawa ke rumah sakit.

3. Bencana Kemanusiaan Akan Terjadi

Foto/Reuters

Menurut sumber medis, invasi ke Rafah mungkin dibarengi dengan invasi Abu Youssef al-Najjar dan European Hospital, satu-satunya dua rumah sakit di wilayah tersebut yang masih beroperasi. Hal ini berarti menghentikan layanan mereka, seperti yang dilakukan Israel terhadap Rumah Sakit Nasser di Khan Yunis, Rumah Sakit al-Shifa di Kota Gaza dan semua rumah sakit di Jalur Gaza bagian utara.

Menghapus layanan rumah sakit di Rafah akan menjadi hukuman mati bagi puluhan ribu orang terluka yang saat ini menerima perawatan.

Tampaknya Israel ingin menyelesaikan penghancurannya terhadap semua kehidupan di Gaza, kata salah satu petugas medis yang enggan disebutkan namanya karena takut akan penganiayaan Israel.

Tidak peduli apa yang dilakukan Israel dan tidak peduli seberapa besar kejahatannya meningkat, kami tidak akan membiarkan pasien kami menghadapi kematian sendirian. Kami di sini untuk melayani rakyat kami, apa pun risikonya, tambahnya.

Topik Menarik