Haji 2024, Dirjen PHU: Jemaah Indonesia Tertua Berusia 109 Tahun, Termuda 17 Tahun

Haji 2024, Dirjen PHU: Jemaah Indonesia Tertua Berusia 109 Tahun, Termuda 17 Tahun

Nasional | sindonews | Rabu, 8 Mei 2024 - 16:18
share

Jemaah Haji Indonesia tertua dan termuda tahun ini yang mendapat kesempatan menunaikan ibadah haji 2024. Data Humas Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama (Kemenag) menyebut, pada tahun ini jemaah haji tertua yang menjadi duyufurrahman (tamu Allah) berusia 109 tahun dan termuda 17 tahun.

Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama Hilman Latief mengatakan, jemaah haji tertua ini bernama Hardjo Mislan, tercatat sebagai jemaah haji asal Ponorogo, Jawa Timur. Mbah Hardjo, tercatat menjadi jemaah haji yang akan berangkat pada kloter pertama embarkasi Surabaya, ujarnya, Rabu (8/5/2024).

Kemudian ada Abubakar Talib Ciri, jemaah asal Nusa Tenggara Barat. Jemaah tertua kedua berusia 101 tahun. Mbah Hardjo dan kakek Abubakar termasuk di antara 45.000 jemaah masuk kategori lansia yang berangkat tahun ini.

Sementara, jemaah haji termuda atas nama Rohmah Dinningrum Agus Sopandi, berusia 17 tahun. Dia tercatat sebagai jemaah asal Jawa Barat. Selain itu, ada juga Rahmaniar Syam, jemaah haji asal Sulawesi Barat yang berangkat dari embarkasi Ujung Pandang (Makassar).

Gelombang pertama jemaah haji Indonesia akan diterangkan dari Tanah Air ke Tanah Suci mulai 12-23 Mei. Sedangkan gelombang kedua akan diterbangkan ke Arab Saudi mulai 24 Mei.

Topik Menarik