6 Tips Lolos Beasiswa Indonesia Maju, Berkas Wajib Lengkap hingga Mahir Bikin Essay

6 Tips Lolos Beasiswa Indonesia Maju, Berkas Wajib Lengkap hingga Mahir Bikin Essay

Terkini | sindonews | Senin, 6 Mei 2024 - 12:42
share

Ini sejumlah tips agar lolos Beasiswa Indonesia Maju (BIM). Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menyediakan Beasiswa Indonesia Maju (BIM). Beasiswa ini cocok sebagai persiapan bagi siswa SMA/sederajat yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi di kampus luar maupun dalam negeri. Beasiswa ini tergolong banyak peminatnya sehingga untuk lolos perlu strategi yang tepat. Artikel kali ini akan membahas, sejumlah tips agar lolos BMI, simak ya!

Tips Agar Lolos Beasiswa Indonesia Maju

1. Harus mempersiapkan administrasi secara lengkap sesuai aturan yang tertulis dalam buku panduan beasiswa unggulan.

Misalnya kita harus mempersiapkan surat keterangan lulus/Letter of Acceptance (LoA) Unconditional dari perguruan tinggi. Perguruan tinggi yang kita pilih juga sebaiknya perguruan tinggi dengan akreditasi A, karena menjadi salah satu poin penilaian.

2. Sebaiknya sudah memiliki sertifikat yang membuktikan prestasi akademik/non akademik tingkat internasional dan/atau nasional.

Untuk itu, di masa sekolah sebaiknya kita banyak mengikuti perlombaan baik nasional maupun internasional, karena hal ini menjadi poin penilaian dalam beasiswa unggulan, misalnya kita mengikuti lomba Olimpiade Sains dan berbagai perlombaan lainnya.

3. Memiliki kemampuan dalam segi berbahasa baik dari segi Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris yang ditunjukan dengan sertifikat kemampuan berbahasa kita.

Pilihlah lembaga yang kredibel dalam memberikan sertifikat berbahasa misalnya dengan mengikuti tes IELTS atau TOEFL, sehingga kita memiliki nilai lebih dibandingkan dengan pendaftar beasiswa lainnya.

4. Mempersiapkan diri membuat Essay yang Menarik

Selain itu dalam seleksi administrasi beasiswa unggulan nanti akan diminta mengirimkan karya tulis berupa essay/karangan menggunakan Bahasa Indonesia.

Sebaiknya dalam essay tersebut kita dapat menceritakan hal-hal yang dapat menjadi kontribusi kita sebagai Bangsa Indonesia seandainya kita lolos Beasiswa unggulan ini.

5. Essay yang ditulis sebaiknya dikaitkan dengan jurusan kuliah yang akan kita ambil dalam beasiswa ini

Misalnya jika kita berniat meraih beasiswa unggulan untuk jurusan hukum, maka ceritakan target, tujuan dan harapan yang ingin kita capai seandainya kita dapat berkuliah di jurusan hukum melalui beasiswa unggulan Kemdikbudristek ini.

6. Sebaiknya seluruh berkas administrasi pendaftaran beasiswa unggulan ini sudah dipersipkan jauh-jauh hari.

Sehingga jika saat masa pembukaan pendaftaran beasiswa unggulan telah dibuka, maka kita dapat mendaftar pada gelombang I, karena jika misalkan kita gagal di gelombang I, maka kita dapat mengikuti gelombang II (Jika dibuka).

Baca juga:5 Tips Lolos Beasiswa LPDP

Tips Agar Lolos Wawancara

1. Datang tepat waktu dengan membawa semua berkas asli yang kita kirimkan melalui aplikasi,

2. Pada saat wawancara beasiswa usahakan untuk tenang (jangan gugup), berdoa, dan minta restu kedua orang tua kita agar dimudahkan dalam proses wawancara

3. Jujur dan sopan saat ditanya oleh pewawancara.

Pewawancara akan melihat bagaimana sikap kita dan keinginan tekad kita dalam meraih beasiswa unggulan ini, sehingga kita harus bersemangat dalam menjawab pertanyaan ang diajukan oleh pewawancara.

Topik Menarik