Polri Sebut 72 Persen Kecelakaan di Indonesia Didominasi Kendaraan Roda Dua

Polri Sebut 72 Persen Kecelakaan di Indonesia Didominasi Kendaraan Roda Dua

Terkini | sindonews | Kamis, 2 Mei 2024 - 15:14
share

Dirregident Korlantas Polri, Brigjen Pol Yusri Yunus mengungkap, lebih dari 70 persen kecelakaan yang terjadi di Indonesia didominasi oleh kendaraan roda dua. Hal itu disampaikan saat menjadi pembicara dalam Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) POM TNI-Propam Polri di Aula Gatot Subroto, Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (2/5/2024).

"Karena memang 72 persen kecelakaan lalu lintas itu dari roda dua," kata Yusri.

Yusri menambahkan bahwa pabrikan motor asal Negeri Sakura Jepang masih mendominasi di Tanah Air. Hanya saja fenomena itu terbalik, di Jepang motor bisa dibilang sangat kurang diminati.

"80 persen kendaraan roda dua merek itu semuanya dari Jepang, tapi kenapa Jepang motor enggak ada? motor Honda, Suzuki, Yamaha, tapi motor di sana sangat kurang," ujarnya.

Baca juga: Jasa Raharja Komitmen Tekan Angka Kecelakaan Lalu Lintas

Yusri mengatakan, Indonesia dan sejumlah negara berkembang lainnya seperti Thailand dan Vietnam menjadi tempat paling menjanjikan dalam berbisnis kendaraan roda dua.

"Indonesia ini paling asyik sehingga Yamaha bikin pabrik di sini, coba di Jepang sudah enggak ada Honda, Yamaha enggak ada. Pabrik semua ada di negara berkembang. Indonesia pegang Yamaha, Honda oleh Thailand, Suzuki oleh Vietnam di sana pabrikannya sekarang. Karena mereka tahu negara berkembang paling asyik berbisnis kendaraan roda dua," ungkapnya.

Topik Menarik