Mengulik Arti Bendera Negara Irak

Mengulik Arti Bendera Negara Irak

Global | sindonews | Rabu, 1 Mei 2024 - 13:42
share

Arti bendera negara Irak menarik diketahui. Pada salah satu bagiannya, tersemat lafadz Allahu Akbar. Irak merupakan negara berpenduduk mayoritas Islam di kawasan Asia Barat.

Memiliki ibu kota di Baghdad, wilayahnya berbatasan dengan Suriah di barat, Iran di timur, Yordania di barat daya, Arab Saudi di selatan, Kuwait di tenggara, serta Turki di bagian utara.

Layaknya setiap negara, Irak juga memiliki bendera yang menjadi identitasnya. Secara garis besar, bendera negara ini terdiri atas tiga garis horizontal dengan masing-masing berwarna merah (atas), putih (tengah), dan hitam (bawah).

Mengutip laman Britannica, Rabu (1/5/2024), penyematan bendera Irak memiliki sejarah panjang dalam pemilihannya. Pada perjalanannya, bendera negara ini juga sempat silih berganti.

Saat ini, bendera resmi yang digunakan Irak menampilkan tiga garis horizontal berwarna merah, putih, dan hitam.

Selain itu, ada juga lafadz takbir yang disematkan di bagian tengahnya. Lebih jauh, apa sebenarnya arti dari bendera Irak ini?

Arti Bendera Negara Irak

Sedikit dijelaskan di atas, bendera Irak yang kini dipakai menggunakan tiga warna utama, yakni merah, putih, dan hitam.

Kemudian, ada pula kalimat takbir Allahu Akbar berwarna hijau yang diletakkan pada bagian tengah bendera.

Melihat ke belakang, bendera Irak ini sudah diadopsi sejak 2008. Waktu itu, keberadaannya ditujukan untuk mengganti bendera era Saddam Hussein yang pernah berkuasa.

Merujuk pada warnanya, masing-masing memiliki arti atau maknanya sendiri.

Merah melambangkan perjuangan berdarah, putih dimaknai sebagai masa depan cerah, serta hitam adalah simbol pembebasan Arab sekaligus menggambarkan penindasan.

Jika diartikan sepenuhnya, warna-warna tersebut memiliki arti bahwa pembebasan Arab yang sebelumnya dipenuhi penindasan telah dilakukan dengan perjuangan berdarah. Sebagai hasilnya, muncul masa depan cerah yang disimbolkan dengan warna putih.

Sementara untuk lafadz takbir di tengahnya, Allahu Akbar memiliki arti Allah Maha Besar. Penulisannya sempat diganti menggunakan huruf Kufi agar membedakan dari bendera terdahulunya.

Kemudian, untuk pemilihan warna hijau didasarkan karena menjadi simbol Islam. Tak hanya Irak, negara Muslim lain juga banyak yang memakai warna tersebut.

Demikianlah ulasan mengenai arti bendera negara Irak yang bisa diketahui.

Topik Menarik