Polda Metro Kerahkan 3.454 Personel Gabungan Amankan May Day 2024

Polda Metro Kerahkan 3.454 Personel Gabungan Amankan May Day 2024

Terkini | sindonews | Selasa, 30 April 2024 - 16:49
share

Polda Metro Jaya mengerahkan sebanyak kurang lebih 3.454 personel gabungan untuk mengamankan jalannya aksi unjuk rasa dan peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day pada Rabu 1 Mei 2024 besok.

Hal tersebut disampaikan Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi di Gedung Ditreskrimum Polda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (30/4/2024).

"Aksi penyampaian pendapat di muka umum yang akan dilaksanakan besok juga pengamanan kegiatan perayaan hari buruh. Ada 3.454 personie gabungan Polda Metro Jaya, polres jajaran, Kodam Jaya, dan Pemprov DKI yang siap mengamankan kegiatan menyampaikan pendapat di muka umum dan juga kegiatan perayaan hari buruh," ujar Ade Ary.

Ia menyebutkan perayaan Hari Buruh itu dilaksanakan di Stadion Madya Senayan. Petugasnya akan berada di lapangan sehingga masyarakat tidak perlu khawatir karena akan dilakukan pengamanan baik secara terbuka dan tertutup.

"Imbauan kami bagi yang ingin menyampaikan pendapat mohon dilakukan secara aman, damai, dan tertib, saling menghormati satu sama lain, melakukan aktivitas di tempat yang umum, dan kami siap melakukan pengamanan dan pengawalan," tuturnya.

Terkait pengalihan arus lalu lintas selama pelaksanaan May Day besok, Ade Ary menyebutkan akan dilaksanakan secara situasional tergantung eskalasi pergerakan massa.

"Pengalihan arus lalu lintas nanti dilakukan secara situasional oleh rekan-rekan kami petugas di lapangan, di tiap, di beberapa titik itu ada perwira pengendalinya. Nanti secara situasional dilakukan langkah-langkah kepolisian untuk menciptakan kamseltibcarlantas. Itu akan dilakukan secara situasional," terang Ade Ary.

Titik kemacetan yang perlu diantisipasi terkait aksi May Day 2024 disebut Ade Ary yakni di Patung Kuda Monas dan Stadion Madya Senayan.

Ade Ary menyebutkan SOP dalam pelayanan pengamanan aksi penyampaian pendapat di muka umum yang telah diumumkan Kapolda Metro Jaya agar setiap anggota kepolisian yang bertugas untuk tidak membawa senjata api.

"Artinya anggota dilarang membawa senjata api dan besok akan dilakukan pengecekan oleh masing-masing perwira pengendali, kapolres saat melakukan apel persiapan pengamanan. Karena yang dikedepankan adalah kegiatan humanis, persuasif, dan preventif," pungkas Ade Ary.

Sebagaimana diketahui sebelumnya, ribuan buruh akan menggelar aksi di Patung Kuda Arjuna Monumen Nasional (Monas) dan Stadion Senayan Jakarta Pusat pada peringatan Hari Buruh internasional atau May Day pada Rabu (1/5/2024) besok.

Untuk di Jakarta, aksi akan dipusatkan di Istana Negara jam 9.30-12.30 WIB. Kemudian sebanyak kurang lebih 50 ribu peserta aksi May Day di Istana akan bergerak ke Stadion Madya Senayan, merayakan May Day Fiesta.

May Day 2024 dalam aksi di Istana Negara disebut akan diikuti 50 ribu buruh dilanjutkan dengan May Day Fiesta di Stadion Madya Senayan. Titik kumpul di Patung Kuda Indosat setelah itu long march ke Bundaran HI dan balik lagi ke Patung Kuda, kemudian Pukul 13.00 WIB bergerak ke Stadion Madya Senayan.

Topik Menarik