Perbandingan Market Value Timnas Indonesia vs Uzbekistan U-23, Mana Lebih Tinggi?

Perbandingan Market Value Timnas Indonesia vs Uzbekistan U-23, Mana Lebih Tinggi?

Olahraga | sindonews | Senin, 29 April 2024 - 19:09
share

Timnas Indonesia vs Uzbekistan U-23 merupakan laga yang paling menyita perhatian di Piala Asia U-23 , terutama bagi penggemar sepak bola Tanah Air. Maklum saja, ini merupakan pencapaian sensasional yang diukir Skuad Garuda Muda bisa menembus empat besar di turnamen dua tahunan untuk pertama kalinya dalam sejarah.

Timnas Indonesia U-23 lolos ke semifinal usai mengalahkan Korea Selatan U-23 melalui drama adu penalti 11-10 setelah bermain imbang 2-2 dalam 120 menit laga berlangsung. Sekarang ujian berat kembali dihadapi anak asuh Shin Tae-yong ketika mereka ditantang Uzbekistan U-23.

Penggemar sepak bola di Tanah Air optimistis Timnas Indonesia U-23 bisa terbang lebih tinggi dan merebut tiket final Piala Asia U-23. Meski begitu, Uzbekistan U-23 bukanlah lawan yang enteng.

Dalam fase grup, Serigala Putih Muda mampu melenggang dengan mulus tanpa mengalami sekalipun kekalahan maupun hasil imbang. Berada di Grup D Uzbekistan U-23 mampu menang dari Malaysia dengan skor 2-0, lalu hancurkan Kuwait 5-0. Serta membungkam Vietnam tiga gol tanpa balas.

Kemudian di babak perempat final, tim asuhan Timur Kapadze ini mampu membungkam juara bertahan Arab Saudi dengan skor 2-0. Hal ini cukup mengejutkan karena sebelumnya Arab Saudi cukup dijagokan dalam Piala Asia U-23 tahun ini.

Meski saat ini Timnas Indonesia U-23 sudah dibekali dengan sejumlah pemain abroad, namun hal tersebut rupanya tak membuat market value Tim Garuda Muda melesat tinggi.

Hingga saat ini market value Timnas Indonesia hanya berada di angka 4,80 juta euro atau sekitar Rp 83,6 miliar. Jumlah ini cukup terpaut jauh dari Timnas Uzbekistan U-23 yang punya market value 17,35 juta euro atau sekitar Rp 302,3 miliar.

Tingginya market value Timnas Uzbekistan ini disebabkan oleh tingginya harga pasaran setiap pemain yang mereka miliki.

Sebut saja seperti Abbosbek Fayzullaev, pemain CSK Moskow yang punya market value hingga 5 juta euro. Ada juga Abdukodir Khusanov, bek RC Lens yang memiliki market value hingga 2 juta euro.

Sementara untuk pemain Timnas Indonesia U-23, nilai market value tertinggi dipegang oleh sang kapten Rizky Ridho di angka 400 ribu euro. Memperlihatkan tak ada satupun pemain tim Garuda yang nilainya mencapai setengah juta euro.

Itulah perbandingan market value Timnas Indonesia vs Uzbekistan U-23. Meskipun kalah dalam hal market value, hal tersebut bukanlah jadi penentu apa yang akan terjadi di lapangan nanti.

Topik Menarik