Isi Syarat Hamas Gencatan Senjata dengan Israel di Gaza

Isi Syarat Hamas Gencatan Senjata dengan Israel di Gaza

Global | sindonews | Senin, 29 April 2024 - 14:14
share

Ada kesibukan baru-baru ini dalam perundingan gencatan senjata yang sedang dicapai oleh Hamas dan Israel di Jalur Gaza, Palestina.

Qatar, Mesir, dan Amerika Serikat (AS) masih tetap menjadi mediator kedua pihak yang bertikai untuk mencapai kesepakatan gencatan senjata.

Syarat dari Israel

Menurut Barak Ravid dari Axios , proposal Israel adalah gencatan senjata dengan imbalan pembebasan sandera dan pembicaraan mengenai pemulihan ketenangan berkelanjutan di Gaza.

Dalam beberapa hari terakhir, Hamas juga telah menyiarkan beberapa video bukti hidup para sandera yang diperkirakan akan ditukar pada suatu saat selama kesepakatanyang dapat meningkatkan tekanan politik dalam negeri terhadap Israel, di mana kembalinya para sandera merupakan isu yang kuat.

Narasi ketenangan yang berkelanjutan menunjukkan solusi yang kurang dari kemenangan total yang berulang kali digembar-gemborkan oleh Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, yang telah berjanji untuk melenyapkan Hamas.

Syarat dari Hamas

Menariknya, hal ini juga mencerminkan usulan gencatan senjata dari pejabat senior Hamas, Khalil al-Hayya.

Menurut laporan The Guardian pada Senin (29/4/2024), dia melontarkan gagasan "hudna", sebuah diksi yang digunakan dalam yurisprudensi Islam untuk menggambarkan semacam gencatan senjata jangka panjang atau ketenangan yang berkelanjutan.

Namun, pesan yang dihasilkan dari perundingan tersebut sangat kontradiktif.

Meskipun Qatar, yang mewakili satu jalur mediasi, telah berbicara secara terbuka tentang rasa frustrasi mereka atas perundingan yang terhenti, terdapat lebih banyak aktivitas dalam beberapa hari terakhir seputar perundingan Mesir-Israelsebuah forum yang telah menghasilkan gencatan senjata dalam konflik-konflik sebelumnya. Seorang pejabat senior Israel mengatakan kepada media Ibrani bahwa pembicaraan dengan Mesir sangat baik, terfokus, berlangsung dalam semangat yang baik dan mengalami kemajuan dalam segala hal.

Posisi AS, yang selama ini mendorong tercapainya kesepakatan gencatan senjata, adalah bahwa terdapat kesepakatan yang baik, dan Hamas mempunyai tanggung jawab untuk mengalah.

Ketika Hamas mengatakan pihaknya sedang mempertimbangkan tawaran baru Israel, laporan di media Israel pada hari Minggu mengindikasikan bahwa pertemuan kabinet keamanan Israel baru-baru ini menyarankan posisi yang lebih fleksibel.

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken juga diperkirakan akan mengunjungi Israel dalam beberapa hari mendatang untuk membahas negosiasi tersebut.

Soal Ancaman Israel Menginvasi Rafah

Israel telah menyatakan dengan sangat jelas bahwa mereka menggunakan prospek operasi Rafah, dan persiapan yang terlihat untuk operasi tersebuttermasuk pembangunan tenda perkemahan besarsebagai ancaman nyata terhadap Hamas, dan pada dasarnya mengatakan bahwa ini merupakan kesempatan terakhir untuk gencatan senjata.

Namun, yang memperumit masalah ini adalah kenyataan bahwa Hamas sangat menyadari adanya penolakan kuat dari dunia internasional terhadap pasukan Israel yang memasuki Rafah, tidak terkecuali di Washington, yang telah melemahkan pesan ini.

Menggarisbawahi hal ini, New York Times melaporkan pada hari Jumat bahwa pemerintahan Presiden Joe Biden sedang mempertimbangkan untuk memberlakukan pembatasan ekspor pertahanan ke Israel jika mereka melancarkan operasi skala besar di Rafah.

Dengan memperjelas kaitan ini, Menteri Luar Negeri Israel, Israel Katz, mengatakan kepada Channel 12 di Israel setelah bertemu dengan delegasi Mesir: Jika ada kesepakatan, kami akan menghentikan operasi tersebut. Pembebasan para sandera adalah prioritas utama kami.

Beberapa komentator Israel juga menunjuk pada spekulasi bahwa pengadilan pidana internasional mungkin mempertimbangkan untuk mengeluarkan surat perintah penangkapan bagi pejabat senior Israel sebagai hal yang mendorong keterbukaan baru untuk perundingan.

Apa yang Ada di Atas Meja?

Bentuk penting dari kesepakatan apa pun tidak banyak berubah. Hal ini akan digambarkan sebagai gencatan senjata kemanusiaan.

Inti pembicaraan adalah perjanjian gencatan senjata bagi para sandera.

Hamas akan membebaskan sandera sebagai imbalan atas gencatan senjata yang berlangsung selama berminggu-minggu dan pembebasan tahanan Palestina di penjara-penjara Israel.

Pembicaraan tersebut terhenti karena dua isu utamatuntutan maksimal Hamas agar pasukan Israel menarik diri dari Gaza dan mengakhiri konflikdan rincian detail, tidak terkecuali mengenai jumlah dan tahanan Palestina mana yang harus dibebaskan.

Formula yang ada saat ini tampaknya akan memungkinkan pembebasan sandera dalam jumlah yang sedikit lebih kecil, yaitu 33 orang yang sakit, lanjut usia dan terlukamewakili jumlah sandera yang masih hidup dalam kategori kemanusiaandengan imbalan jumlah tahanan Palestina yang tidak ditentukan.

Yang masih belum jelas adalah apa arti pembebasan sandera kemanusiaan bagi kelompok lain, termasuk tentara yang ditawan.

Beberapa laporan menyatakan bahwa Israel telah mengindikasikan kesediaan untuk membuat konsesi lebih lanjut di masa depan, termasuk menarik pasukan yang membelah Jalur Gaza menjadi dua dan mengizinkan kembalinya penduduk ke wilayah utara.

Ada juga dugaan bahwa perbincangan di kalangan keamanan Israel mungkin telah beralih dari penghancuran empat batalyon terakhir Hamas yang sebagian besar masih utuh di Rafah, hingga apakah penutupan rute penyelundupan senjata Hamas dari Mesir akan mencapai tujuan jangka panjang yang sama, sehingga memerlukan perjanjian baru dengan Mesir mengenai kendalidan pengawasan atas apayang disebut rute Philadelphi di perbatasan.

Topik Menarik