Meski Tertinggal, Inggris Ikut-ikutan Terlibat Perlombaan Rudal Hipersonik

Meski Tertinggal, Inggris Ikut-ikutan Terlibat Perlombaan Rudal Hipersonik

Global | sindonews | Senin, 29 April 2024 - 11:03
share

Inggris menyatakan akan mengembangkan dan meluncurkan rudal jelajah hipersonik pertamanya pada tahun 2030.

Keputusan ini mengonfirmasi langkah London untuk ikut serta dalam perlombaan rudal hipersonik meski telah tertinggal dari negara-negara rival.

Proyek tersebut dilaporkan masih dalam tahap awal, dan bahkan jika London menepati jadwalnya, senjata tersebut akan dikerahkan lebih dari satu dekade setelah rudal hipersonik pertama Rusia mulai beroperasi.

Mengutip The Telegraph, Senin (29/4/2024), Kementerian Pertahanan Inggris bertujuan untuk merancang dan membangun sebuah rudal yang mampu mencapai kecepatan Mach 5—seluruhnya dibangun di dalam negeri, dan ingin agar rudal tersebut dapat digunakan sebelum akhir dekade ini.

Baca Juga: Iran Disebut Gunakan Rudal Hipersonik Tak Terhentikan saat Serang Israel

Laporan surat kabar tersebut mengutip sumber anonim yang mengetahui rencana proyek misil Inggris.

Sumber itu mengatakan proyek ini akan menjadi salah satu dari beberapa proyek yang didanai oleh rencana kenaikan belanja militer sebesar £75 miliar yang direncanakan oleh Perdana Menteri Rishi Sunak, yang diumumkan awal pekan lalu dan akan dilaksanakan selama enam tahun ke depan.

“Proyek-proyek mutakhir seperti ini hanya mungkin terjadi karena besarnya investasi baru yang dilakukan pemerintah minggu ini dalam inovasi pertahanan,” kata seorang pejabat Kementerian Pertahanan Inggris kepada surat kabar tersebut.

"Melanjutkan proyek ini tidak mungkin dilakukan jika Partai Buruh mengambil alih kekuasaan dan menolak untuk mencocokkan investasi kami," ujarnya.

Tidak jelas apakah pemerintah mengungkapkan proyek tersebut kepada The Telegraph untuk mendapatkan poin politik melawan Partai Buruh, atau apakah ada rencana konkret untuk mengembangkan rudal tersebut telah dijalankan.

Menurut surat kabar tersebut, Kementerian Pertahanan belum memutuskan apakah mereka ingin rudal tersebut diluncurkan dari darat, udara, atau laut, dan sumber yang terlibat dalam proyek tersebut mengatakan bahwa senjata tersebut dapat dibuat dari bahan yang belum ada.

Pemerintah telah meminta tawaran dari kontraktor pertahanan sejak Desember lalu, menurut sebuah tender yang dapat dilihat publik.

Baik Inggris maupun Amerika Serikat saat ini tertinggal dari Rusia dan China dalam pengembangan senjata hipersonik.

Rudal hipersonik pertama Rusia—Kh-47 Kinzhal yang diluncurkan dari udara—mulai beroperasi pada tahun 2017, sementara DF-ZF China dikerahkan dua tahun kemudian.

Kendaraan luncur jarak jauh strategis Avangard Rusia—yang dapat terbang dengan kecepatan 25 kali kecepatan suara—telah dikerahkan sejak tahun 2019, dan rudal jelajah anti-kapal Zircon telah dikerahkan sejak tahun lalu.

Rudal Kinzhal dan Zircon keduanya telah digunakan dalam perang di Ukraina, menjadikan Rusia satu-satunya kekuatan dunia yang menggunakan rudal hipersonik dalam pertempuran.

Kurang dari sebulan konflik di Ukraina, Presiden AS Joe Biden mengakui bahwa rudal Kinzhal Rusia “hampir mustahil untuk dihentikan".

AS berhasil melakukan uji coba rudal hipersonik pertamanya pada tahun 2017, namun setelah serangkaian uji coba yang dibatalkan dan proyek-proyek yang dibatalkan pada tahun-tahun berikutnya, AS belum benar-benar meluncurkan senjata semacam itu.

Setelah tertunda selama beberapa tahun, Angkatan Darat AS berencana mengerahkan rudal hipersonik jarak jauh yang dikenal sebagai "Dark Eagle" tahun depan.

Topik Menarik