Ternyata AS, Bukan Israel, yang Tembak Jatuh Sebagian Besar Rudal Iran

Ternyata AS, Bukan Israel, yang Tembak Jatuh Sebagian Besar Rudal Iran

Global | sindonews | Selasa, 16 April 2024 - 07:43
share

Amerika Serikat (AS) telah menembak jatuh lebih banyak drone dan rudal dibandingkan yang dilakukan Israel pada Sabtu malam atau Minggu dini hari selama serangan Iran.

Itu diungkap oleh The Intercept dalam laporannya, Selasa (16/4/2024).

Lebih dari separuh senjata Iran dihancurkan oleh pesawat dan rudal AS sebelum mencapai Israel. Faktanya, dengan memimpin operasi pertahanan udara multinasional dan mengerahkan jet tempur Amerika, hal ini merupakan kemenangan militer AS.

Luasnya operasi militer AS tidak diketahui publik Amerika, namun Pentagon mengoordinasikan pertahanan multinasional di seluruh kawasan yang membentang dari Irak utara hingga Teluk Persia selatan pada hari Sabtu.

Selama operasi tersebut, AS, Inggris, Prancis, dan Yordania menembak jatuh sebagian besar drone dan rudal Iran. Faktanya, dari mana asal pesawat AS belum diumumkan secara resmi, sebuah kelalaian yang terus diulang-ulang oleh media arus utama. Selain itu, peran Arab Saudi tidak jelas, baik sebagai basis bagi Amerika Serikat maupun dalam kaitannya dengan tindakan apa pun yang dilakukan militer Saudi.

Dalam menghitung besarnya serangan Iran dan besarnya peran Amerika Serikat, sumber-sumber militer AS mengatakan bahwa perkiraan awal adalah bahwa setengah dari senjata Iran mengalami kegagalan teknis.

"Intelijen AS memperkirakan bahwa setengah dari senjata yang ditembakkan Iran gagal saat diluncurkan atau saat terbang karena masalah teknis, kata seorang perwira senior Angkatan Udara AS kepada The Intercept . Dari sekitar 160 pesawat nirawak yang tersisa, AS menembak jatuh mayoritas pesawat nirawak itu, kata perwira tersebut. Perwira tersebut berbicara secara anonimi karena masalah yang dibahas merupakan isu sensitif.

Ketika diminta untuk mengomentari Amerika Serikat yang menembak jatuh setengah dari drone dan rudal Iran, Pasukan Pertahanan Israel dan Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih tidak memberikan tanggapan.

Pentagon merujuk The Intercept ke Komando Pusat (CENTCOM) AS, yang mengacu pada siaran pers yang mengatakan: Pasukan CENTCOM yang didukung oleh kapal perusak Komando Eropa AS berhasil menyerang dan menghancurkan lebih dari 80 kendaraan udara tak berawak (OWA UAV) serang satu arah dan setidaknya enam rudal balistik yang dimaksudkan untuk menyerang Israel dari Iran dan Yaman.

Israel mengatakan bahwa lebih dari 330 drone, rudal jelajah terbang rendah, dan rudal balistik diluncurkan oleh Iran, termasuk sekitar 30 rudal jelajah tipe Paveh, 180 atau lebih drone Shahed, dan 120 rudal balistik jarak menengah Emad, serta jenis senjata lainnya. Semua drone dan rudal jelajah diluncurkan dari wilayah Iran, kata Israel. Beberapa rudal tambahan juga diluncurkan dari dalam Yaman, menurut data Pasukan Pertahanan Israel (IDF).

Sebagian besar laporan media menyebutkan bahwa tidak ada satupun rudal jelajah atau drone yang pernah memasuki wilayah udara Israel. Menurut pernyataan juru bicara IDF Laksamana Daniel Hagari, sekitar 25 rudal jelajah dicegat oleh jet tempur IAF [Angkatan Udara Israel] di luar perbatasan negara tersebut, kemungkinan besar berada di wilayah Yordania.

Pernyataan Israel bahwa mereka menembak jatuh sebagian besar rudal jelajah Iran mungkin berlebihan. Menurut sumber militer AS dan laporan awal, pesawat AS dan sekutunya menembak jatuh sebagian besar drone dan rudal jelajah Iran. Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak mengatakan bahwa Royal Air Force Typhoon mencegat sejumlah senjata Iran di wilayah udara Irak dan Suriah.

Pemerintah Yordania juga mengisyaratkan bahwa pesawatnya berhasil menjatuhkan beberapa senjata Iran. Kami akan mencegat setiap drone atau rudal yang melanggar wilayah udara Yordania untuk menghindari bahaya apa pun. Apa pun yang menjadi ancaman bagi Yordania dan keamanan warga Yordania, kami akan menghadapinya dengan seluruh kemampuan dan sumber daya kami, kata Menteri Luar Negeri Yordania Ayman Safadi saat wawancara di saluran berita Al-Mamlaka .

Pesawat tempur Prancis juga menembak jatuh beberapa drone dan kemungkinan rudal jelajah.

Namun, pesawat AS menembak jatuh lebih dari 80 senjata Iran, menurut sumber militer AS. Presiden Joe Biden telah berbicara dengan anggota dua skuadron pesawat F-15E Strike Eagle untuk memuji mereka atas keahlian dan keterampilan udara yang luar biasa dalam membela Israel dari serangan udara Iran yang belum pernah terjadi sebelumnya. Dua skuadron F-15Skuadron Tempur ke-494 yang berbasis di Royal Air Force Lakenheath di Inggris, dan Skuadron Tempur ke-335 dari Pangkalan Angkatan Udara Seymour Johnson di North Carolinadikerahkan ke Timur Tengah, setidaknya setengah dari pesawat di Pangkalan Udara Muwaffaq Salti di Yordania.

Dua kapal perang AS yang ditempatkan di MediteraniaUSS Carney (DDG 64) dan USS Arleigh Burke (DDG 51)menembak jatuh setidaknya enam rudal balistik, kata Pentagon.

War Zone melaporkan bahwa kapal-kapal tersebut mungkin telah menembakkan pencegat Standard Missile 3 (SM-3) dalam pertempuran untuk pertama kalinya. Baterai rudal permukaan-ke-udara Patriot Angkatan Darat AS di Erbil, Irak, menembak jatuh setidaknya satu rudal balistik. Puing-puing rudal Iran juga ditemukan di luar Erbil, serta di area terbuka di luar provinsi Najaf.

Serangan Iran menandai pertama kalinya sejak tahun 1991 sebagai negara menyerang Israel secara langsung. Bersaing dengan jarak yang sangat jauh dan memanfaatkan sejumlah umpan dan taktik gerombolan untuk mencoba mengalahkan pertahanan udara Timur Tengah, Iran berhasil mencapai dua sasaran militer di Israel, termasuk Pangkalan Udara Nevatim.

Menurut IDF, lima rudal menghantam Pangkalan Udara Nevatimmarkas jet tempur siluman F-35dan empat rudal menghantam pangkalan lainnya. Meskipun jumlah amunisi yang berhasil mendarat sedikit, pemandangan dramatis ratusan roket yang melesat melintasi langit malam di Suriah, Irak, dan Iran telah membuat Teheran puas dengan unjuk kekuatan mereka.

Iran telah mencapai semua tujuannya, dan dalam pandangan kami operasi tersebut telah berakhir, dan kami tidak bermaksud untuk melanjutkannya, kata Ketua Parlemen Iran Mohammad Bagheri pada akhir pekan.

Jika rezim Zionis atau para pendukungnya menunjukkan perilaku sembrono, mereka akan menerima tanggapan yang tegas dan lebih kuat.

AS mengoordinasikan keseluruhan operasi dari Pusat Operasi Udara Gabungan di Pangkalan Udara Al Udeid di Qatar, dengan komandan keseluruhannya adalah Letnan Jenderal Alexus G Grynkewich, komandan udara CENTCOM.

Kami mengambil aset apa pun yang kami miliki yang berada di medan perang di bawah kendali taktis kami atau dalam peran dukungan langsung di seluruh pasukan gabungan dan koalisi, dan kami menyatukannya sehingga kami dapat menyinkronkan tembakan dan dampaknya ketika kami berada di pertarungan pertahanan udara, kata Grynkewich kepada Air & Space Forces Magazine setelah serangan Iran.

Kami mencoba untuk menyatukan mitra-mitra di kawasan yang memiliki perspektif yang sama mengenai ancaman, berbagi kekhawatiran mengenai ancaman terhadap stabilitas di kawasanyang terutama berasal dari Iran dengan sejumlah besar rudal balistikdan berada dalam posisi di mana kami dapat berbagi informasi, berbagi peringatan ancaman. Dan tujuan utamanya adalah mencapai integrasi yang lebih dalam dan penuh. Kami telah membuat kemajuan luar biasa.

Dalam percakapan telepon segera setelah serangan Iran, Biden dilaporkan mengatakan kepada Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu bahwa Israel benar-benar unggul dalam pertukaran ini dan memperingatkan risiko eskalasiseolah-olah hal itu belum terjadi.

Topik Menarik