Spanyol Segera Kirim Rudal Patriot ke Ukraina

Spanyol Segera Kirim Rudal Patriot ke Ukraina

Global | sindonews | Sabtu, 27 April 2024 - 20:50
share

Menteri Pertahanan Margarita Robles mengatakan Spanyol akan memasok rudal Patriot ke Ukraina. Itu di tengah tekanan dari luar untuk menyediakan senjata tersebut.

Robles membuat pengumuman tersebut dalam pertemuan virtual Ramstein Group, yang terdiri dari para pendukung Ukraina di Barat. Pernyataan dari Kementerian Pertahanan di Madrid menambahkan bahwa amunisi untuk sistem rudal buatan AS dalam jumlah yang tidak ditentukan akan tiba di Ukraina dalam empat hari ke depan.

Menteri Pertahanan Spanyol tidak menyebutkan apa pun tentang pengiriman baterai Patriot ke Ukraina. Setiap sistem terdiri dari radar array bertahap, stasiun kendali keterlibatan, komputer, peralatan pembangkit listrik, dan hingga delapan peluncur rudal.

Surat kabar Spanyol El Pais sebelumnya melaporkan bahwa Madrid akan memasok rudal Patriot ke Ukraina karena tekanan besar dari UE dan NATO. Menurut outlet tersebut, Spanyol hanya mengoperasikan tiga baterai Patriot dan menyimpan cadangan perang sekitar 50 rudal untuk baterai tersebut.

Dalam pidatonya di Ramstein Group, Presiden Ukraina Vladimir Zelensky menegaskan bahwa Kiev membutuhkan setidaknya tujuh baterai Patriot dari pendukung Barat untuk mampu mengusir serangan rudal Rusia.

Pada akhir Maret, Menteri Pertahanan Rusia Sergey Shoigu mengatakan setidaknya lima Patriot yang dioperasikan oleh Ukraina telah dihancurkan oleh pasukan Moskow sejak awal tahun ini. Spanyol adalah salah satu dari enam negara Eropa termasuk Jerman, Belanda, Polandia, Rumania, dan Yunani yang memiliki sistem Patriot.

Meskipun Berlin telah berjanji untuk memasok sistem pertahanan udara Patriot lainnya ke Ukraina, sehingga jumlah sumbangannya menjadi tiga, Polandia dan Yunani bersikeras awal pekan ini bahwa mereka tidak memiliki sistem pertahanan udara cadangan.

Penasihat Keamanan Nasional AS Jake Sullivan menyatakan pada hari Jumat bahwa Washington juga tidak dapat menyediakan lebih banyak sistem pertahanan udara kepada Kiev. Sistem Patriot AS saat ini dikerahkan di seluruh dunia, termasuk di Timur Tengah, untuk melindungi pasukan AS, kata Sullivan kepada MSNBC.

Rusia telah memperingatkan bahwa pengiriman sistem senjata asing ke Kiev tidak akan menghalangi Moskow mencapai tujuan militernya, namun hanya akan memperpanjang pertempuran dan dapat meningkatkan risiko konfrontasi langsung antara Rusia dan NATO. Menurut para pejabat di Moskow, penyediaan senjata, pembagian intelijen, dan pelatihan pasukan Ukraina berarti bahwa negara-negara Barat secara de facto telah menjadi pihak dalam konflik tersebut.

Topik Menarik