Ini Kata Jokowi, Prabowo-Gibran Ditetapkan sebagai Presiden dan Wapres Terpilih

Ini Kata Jokowi, Prabowo-Gibran Ditetapkan sebagai Presiden dan Wapres Terpilih

Nasional | sindonews | Rabu, 24 April 2024 - 11:21
share

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menanggapi penetapan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai presiden dan wakil presiden (wapres) terpilih 2024 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), Rabu (24/4/2024). Jokowi meminta kepada presiden dan wapres terpilih untuk menyiapkan perencanaan untuk pemerintahan ke depan.

"Hari ini juga KPU menetapkan. Artinya apa, presiden dan wakil presiden terpilih harus mempersiapkan diri dengan perencanaan-perencanaan yang sudah dikampanyekan untuk masuk nanti setelah pelantikan langsung kerja," kata Jokowi di ICE BSD, Tangerang, Rabu (24/4/2024).

Selain itu, Jokowi juga meminta kepada semua pihak untuk menghormati keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait sengketa Pilpres 2024. Menurutnya, keputusan MK tersebut telah bersifat final dan mengikat.

 

"Ya ini kan tahapan proses itu kan sudah hampir selesai, semuanya. MK sudah, harus menghormati putusan MK sebagai sebuah putusan yang final dan mengikat," kata Jokowi

Untuk diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar rapat pleno terbuka penetapan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai presiden dan wakil presiden terpilih 2024-2029, Rabu (24/4/2024). Dalam kegiatan itu, pihak KPU juga mengundang sejumlah tokoh, petinggi partai politik hingga petinggi negara lainnya.

Pantauan MNC Portal Indonesia di lokasi hingga pukul 09.40 WIB, sejumlah petinggi TKN Prabowo-Gibran yang datang lebih awal yakni Sekretaris TKN Prabowo Gibran, Nusron Wahid; Ketua TKN Rosan Roeslani, Ketua Harian DPP Gerindra Sufmi Dasco Ahmad. Kemudian, Ketua Umum PBB Yusril Ihza Mahendra; Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto; Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY); dan Ketua Tim Hukum Prabowo-Gibran, Otto Hasibuan.

Baca juga: Jelang Penetapan Presiden-Wapres Terpilih, Prabowo: Rakyat Berharap Semua Parpol Bekerja Sama

Selain itu, terlihat pula Menko Polhukam Hadi Tjahjanto dan Menkominfo Budi Arie Setiadi. Tak lama berselang, terlihat Mendagri Tito Karnavian, Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep. Mereka tampak berada di lobi Gedung KPU untuk menunggu kedatangan Prabowo-Gibran dan tokoh lainnya.

Topik Menarik