Apakah Chiropractic Bisa Menyembuhkan Skoliosis? Cek Faktanya

Apakah Chiropractic Bisa Menyembuhkan Skoliosis? Cek Faktanya

Gaya Hidup | sindonews | Selasa, 23 April 2024 - 16:00
share

Chiropractic sering dimanfaatkan untuk menyembuhkan skoliosis. Meskipun banyak orang mengklaim mendapat manfaat dari chiropractic untuk berbagai kondisi, termasuk skoliosis, bukti ilmiah tentang efektivitas chiropractic untuk menyembuhkan skoliosis masih belum jelas.

Chiropractic adalah praktik pengobatan alternatif yang fokus pada diagnosis dan perawatan gangguan mekanis pada sistem muskuloskeletal, terutama tulang belakang. Skoliosis adalah kelainan struktural tulang belakang di mana tulang belakang melengkung ke samping.

Skoliosis dapat berkisar dari kasus ringan hingga berat, dan kasus ringan adalah kasus yang paling umum. Meskipun penyebab skoliosis tidak diketahui, kondisi ini terkadang dikaitkan dengan distrofi otot dan palsi serebral.

Dilansir dari Mayo Clinic, Selasa (23/4/2024) secara keseluruhan, skoliosis bukanlah sekadar masalah postur tubuh yang buruk. Sebaliknya, terkadang hal ini dapat menyakitkan dan tidak nyaman bagi penderita kondisi ini.

Baca Juga: Penyebab Fuji Mengalami Skoliosis, Diduga Sering Gendong Gala Sky

Pengobatan skoliosis bergantung pada tingkat keparahan kelainan dan gejala yang dialami oleh individu. Metode pengobatan kondisi ini yang umum meliputi pemantauan reguler, fisioterapi, penggunaan korset, dan dalam kasus yang lebih parah, operasi.

Meskipun beberapa orang dengan skoliosis melaporkan perbaikan gejala setelah menerima perawatan chiropractic, penting untuk diingat bahwa bukti ilmiah tentang efektivitasnya masih kontroversial.

Beberapa studi menunjukkan bahwa chiropractic dapat memberikan bantuan sementara dalam mengelola rasa sakit atau ketidaknyamanan yang terkait dengan skoliosis. Namun, tidak ada bukti yang cukup kuat untuk mendukung klaim bahwa chiropractic dapat menyembuhkan skoliosis.

Sebelum mencoba chiropractic atau jenis perawatan alternatif lainnya untuk skoliosis, penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau spesialis tulang belakang untuk mendapatkan saran yang tepat. Mereka dapat membantu menyusun rencana perawatan yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi Anda.

Baca Juga: Fuji Alami Skoliosis, Curhat di Medsos Sambil Nangis

Gejala Skoliosis

Pada sebagian besar kasus skoliosis, tulang belakang akan berputar atau terpuntir selain melengkung dari sisi ke sisi. Hal ini menyebabkan tulang rusuk atau otot di satu sisi tubuh menonjol lebih jauh dibandingkan sisi lainnya. Berikut gejala skoliosis yang harus diwaspadai.

1. Bahu tidak rata.2. Satu tulang belikat tampak lebih menonjol dibandingkan yang lainnya.3. Pinggang tidak rata.4. Satu pinggul lebih tinggi dari yang lain.5. Salah satu sisi tulang rusuknya menonjol ke depan.6. Tonjolan pada salah satu sisi punggung ketika membungkuk ke depan.

Topik Menarik