Ibu Hamil Sering Beser, Apakah Aman?

Ibu Hamil Sering Beser, Apakah Aman?

Gaya Hidup | sindonews | Sabtu, 4 Mei 2024 - 06:30
share

Saat hamil, seorang wanita akan sering buang air kecil. Tak jarang, intensitas buang air kecil ini semakin meningkat seiring dengan pertumbuhan dan perkembangan janin di tiap trimester.

Lantas apakah aman bila bumil alias ibu hamil beser?

Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi dr. Ardiansjah Dara Sjahruddin, SpOG menjelaskan, bumil bisa beser karena adanya proses pembesaran rahim yang kemudian menekan kandung kemihnya.

Baca Juga: 7 Makanan yang Meningkatkan Hormon Kebahagiaan, Bikin Happy Tiap Hari

“Akhirnya kapasitas kandung kemih pun menjadi sedikit berkurang,” ujar dr. Dara, dikutip dari akun X @dokterdara, Sabtu (4/5/2024).

Dokter Dara menjelaskan, biasanya orang yang tidak hamil kandung kemihnya akan penuh sekitar 3-4 jam. Di saat itu ada keinginan untuk buang air kecil.

“Sedangkan bumil lebih cepat 1-2 jam. Terutama kalau kehamilan makin gede,” katanya.

Menurut dr. Dara, bumil yang beser ternyata aman dan justru memiliki dampak positif. Karena semakin sering buang air kecil, maka infeksi saluran kemih menjadi berkurang.

Baca Juga: Bumil, Yuk Terapkan Cara Ini agar Bisa Tidur Nyenyak Sepanjang Malam!Lebih lanjut dr. Dara mengatakan, bumil juga jadi lebih mudah mengalami keputihan. Karena penumpukan cairan di vaginanya dan potensi kuman untuk tumbuh menjadi meningkat. Kalau ada kuman abnormal masuk ke saluran kencing bisa menjadi infeksi saluran kencing.

“Makanya dengan seringnya buang air kecil maka efeknya menjadi positif,” kata dia.

Dokter Dara menyarankan kepada ibu hamil untuk tidak mengurangi minum. Karena itu juga sangat penting.

“Kecuali kalau malam hari sebelum tidur,” tutupnya.

Topik Menarik