Kenapa Tidak Bisa Bangun Pagi? Waspada 6 Masalah Kesehatan Mental Ini

Kenapa Tidak Bisa Bangun Pagi? Waspada 6 Masalah Kesehatan Mental Ini

Gaya Hidup | sindonews | Sabtu, 20 April 2024 - 08:30
share

Tidak bisa bangun pagi hari bisa menjadi tanda adanya masalah kesehatan mental yang harus diwaspadai. Pola tidur yang terganggu dapat memperburuk kesehatan mental dan memperparah penyakit mental yang sudah ada.

Karena gangguan tidur bisa menjadi tanda atau penyebab masalah kesehatan mental , Anda tidak boleh mengabaikan ketidakmampuan untuk bangun pagi hari. Jika Anda kesulitan untuk bangun di pagi hari, penting untuk menyingkirkan kondisi medis seperti sleep apnea, narkolepsi, dan sindrom kelelahan kronis.

Jika Anda telah didiagnosis menderita salah satu kondisi ini, ketidakmampuan Anda bangun dari tempat tidur berhubungan dengan diagnosis. Namun, jika Anda merasa tidak bisa bangun pagi, berapapun lamanya tidur, hal ini juga bisa berkaitan dengan gangguan mental.

Kenapa Tidak Bisa Bangun Pagi?

Berikut adalah beberapa kondisi kesehatan mental yang membuat Anda tidak bisa bangun pagi dilansir dari Verywell Mind, Sabtu (20/4/2024).

1. Depresi

Jika Anda kesulitan untuk bangun di pagi hari, ada kemungkinan Anda menderita depresi. Gejala depresi lainnya meliputi perasaan sedih, kekosongan dan keputusasaan sepanjang hari, perubahan nafsu makan atau pola tidur.

Jika Anda merasa ketidakmampuan Anda untuk bangun mungkin terkait dengan kondisi ini, penting untuk menghubungi profesional. Perawatan yang efektif dapat membantu, termasuk psikoterapi, pengobatan, dan perubahan gaya hidup.

2. Kecemasan

Kondisi kesehatan mental seperti kecemasan juga dapat memengaruhi kemampuan Anda untuk bangun pagi. Penelitian menunjukkan bahwa sekitar 50 persen orang dengan kecemasan mengalami gangguan tidur.

Orang yang mengalami kondisi ini seringkali merasa stres dan kelelahan di siang hari, sehingga dapat menyebabkan masalah tidur di malam hari. Artinya, Anda tidak bisa tertidur atau tetap tertidur dalam waktu lama setiap malam, sehingga sulit untuk bangun keesokan paginya.

3. Gangguan Bipolar

Potensi penyakit mental lain yang membuat Anda sulit bangun di pagi hari adalah gangguan bipolar. Ini merupakan suatu kondisi yang ditandai dengan perubahan suasana hati yang ekstrem.

Pasang surut yang menyertainya dapat menyebabkan masalah tidur di malam hari. Hal ini karena jadwal tidur Anda berubah drastis dalam waktu singkat, baik karena episode depresi atau manik.

4. Gangguan Afektif Musiman

Gangguan afektif musiman adalah kondisi kesehatan mental lain yang membuat sulit bangun pagi. Orang dengan kondisi ini seringkali lebih sulit tidur di malam hari dan mengalami rasa kantuk yang lebih besar di siang hari.

Meskipun kondisi ini berdampak pada manusia sepanjang tahun, orang yang lebih rentan akan menyadari bahwa gejalanya menjadi lebih buruk selama bulan-bulan musim dingin ketika sinar matahari yang tersedia lebih sedikit. Artinya, Anda tidur lebih lama di malam hari dan sulit bangun saat pagi hari.

5. ADHD

Orang yang mengidap attention deficit hyperactivity disorder (ADHD) juga bisa menyebabkan penderitanya sulit untuk bangun di pagi hari. Hal ini karena mereka cenderung tidur lebih singkat dan merasa kurang tidur saat bangun tidur.

6. PTSD

Gangguan stres pasca trauma (PTSD) juga dapat menyebabkan Anda tidur lebih lama di malam hari dan lebih sulit bangun. Pasalnya, penderita PTSD sering mengalami mimpi buruk atau kilas balik yang mengganggu kemampuannya untuk mendapatkan istirahat malam yang baik sehingga menyebabkan mereka merasa lelah keesokan harinya.

Gangguan tidur adalah gejala PTSD, yang mempengaruhi antara 70 persen dan 90 persen orang dengan kondisi tersebut. Penelitian juga menunjukkan bahwa gangguan tidur berhubungan dengan permulaan dan pemeliharaan kondisi tersebut.

Topik Menarik