Begini Cara Efektif Diet Sehat Pascalebaran

Begini Cara Efektif Diet Sehat Pascalebaran

Gaya Hidup | sindonews | Kamis, 18 April 2024 - 17:22
share

Lebaran telah berlalu, kini masyarakat kembali makan dan minum di siang hari. Lebaran terkadang menjadi ajang balas dendam oleh kebanyakan orang setelah berpuasa selama satu bulan penuh.

Hampir semua menu dan jenis masakan disajikan, sering kali membuat kita ingin menambah porsi makan lebih dari hari biasanya. Namun, kadang kala kita lupa, hidup sehat yang sudah dibentuk selama satu bulan selama Ramadan, seketika berubah menjadi kurang sehat.

Pola makan yang mulanya teratur dan disiplin, memberikan kesempatan pada sistem pencernaan organ tubuh kita untuk istirahat beberapa saat, namun setelah lebaran berubah menjadi tidak teratur dan tak disiplin.

Baca Juga:5 Cara Mengatasi Sakit Kepala Tanpa Minum Obat, Nomor 1 Paling Mudah“Akibatnya ketika pola makan tidak teratur dan porsi makan terus bertambah, maka bisa menyebabkan obesitas,” ujar Dosen Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya Firman.

Firman mengatakan, obesitas atau kelebihan berat badan terjadi akibat penimbunan lemak berlebihan dalam tubuh, seiring dengan asupan makanan yang dikonsumsi lebih besar dari energi tubuh yang digunakan untuk beraktivitas.

Berdasarkan data Global Report 2023, obesitas merupakan masalah serius yang mengancam kesehatan global atau 2 miliar penduduk di dunia. Prevalensi obesitas global lebih tinggi pada perempuan dibandingkan laki-laki. Diperkirakan pada 2030 sekitar 1 dari 5 wanita dan 1 dari 7 pria akan hidup dengan obesitas di seluruh dunia.

“Banyak penelitian mengatakan obesitas menjadi faktor risiko terjadinya penyakit tidak menular seperti diabetes melitus, serangan jantung, gagal ginjal, kanker, hipertensi, dan penyakit lainnya serta berkontribusi pada penyebab kematian sebesar 5,87 dari total kematian di dunia,” beber Firman.

Selain peningkatan risiko penyakit tidak menular, obesitas juga berdampak pada kerugian ekonomi yang dipicu oleh biaya perawatan akibat timbulnya penyakit komorbid yang memerlukan biaya tidak sedikit. Untuk itu obesitas saat ini telah digolongkan sebagai penyakit yang perlu mendapat intervensi secara serius dan komprehensif.

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mencegah obesitas pascalebaran yaitu pertama, memenuhi asupan protein harian. Hal ini dapat meningkatkan metabolisme tubuh 80 hingga 100 kalori per hari. Mencukupi asupan protein dalam tubuh dapat membuat tubuh merasa kenyang lebih lama, sehingga efektif mencegah nyemil sepanjang hari.

Baca Juga: WHO Temukan Cacar Monyet Generasi Baru, Disebut Lebih MematikanKedua, melakukan aktivitas fisik seperti lari-lari kecil ataupun senam untuk meregangkan otot, dan aktivitas fisik lainnya sesuai kemampuan setiap orang. Lakukan olahraga selama 30 menit setiap hari atau minimal 3 hingga 5 kali dalam seminggu. Dengan melakukan aktivitas fisik secara rutin dan teratur dapat membakar lemak dan kalori, sehingga mencegah penimbunan lemak secara berlebih.

Ketiga, hindari konsumsi makanan atau minuman yang mengandung tinggi gula seperti soda, jus, dan minuman kemasan jenis lainnya karena dapat memicu sejumlah penyakit berbahaya, seperti kencing manis atau diabetes dan gagal ginjal. Selain itu kita juga perlu menghindari minuman beralkohol.

“Terakhir diet rendah karbohidrat. Cara satu ini sangat efektif untuk mencegah kenaikan berat badan, dan bahkan tips ini bisa digunakan untuk diet menurunkan berat badan. Betapa penting menjaga pola hidup sehat agar terhindar dari penyakit akibat diet yang buruk,” pungkas Firman.

Topik Menarik