8 Jenis Kacang yang Banyak Manfaatnya, Almond Baik untuk Kesehatan Jantung

8 Jenis Kacang yang Banyak Manfaatnya, Almond Baik untuk Kesehatan Jantung

Gaya Hidup | sindonews | Selasa, 16 April 2024 - 17:40
share

Ada beberapa jenis kacang yang kaya akan manfaat kesehatan. Ini karena makanan tersebut merupakan sumber nutrisi yang kaya, seperti protein, serat, vitamin, mineral, dan lemak sehat.

Kacang adalah sumber protein nabati yang baik, yang penting untuk membangun dan memperbaiki jaringan tubuh, termasuk otot, kulit, dan rambut. Selain itu, kacang mengandung lemak sehat, seperti asam lemak tak jenuh tunggal dan poliunsaturasi yang penting untuk kesehatan jantung.

Konsumsi lemak sehat dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Namun, karena kacang juga mengandung kalori, penting untuk mengonsumsinya dengan porsi yang moderat sebagai bagian dari pola makan seimbang.

8 Jenis Kacang yang Banyak Manfaatnya

Berikut adalah beberapa jenis kacang yang banyak manfaatnya untuk kesehatan dilansir dari Health Line, Selasa (16/4/2024).

Baca Juga: 9 Manfaat Kacang Hitam, Bisa Mengaturan Gula Darah

1. Kacang Almond

Almond merupakan sumber yang baik untuk vitamin E, magnesium, dan antioksidan. Kacang jenis ini juga kaya akan lemak sehat, terutama asam lemak tak jenuh tunggal, yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung.

2. Kacang Kenari

Kacang kenari mengandung omega-3, serat, protein, vitamin, dan mineral yang penting untuk kesehatan otak, jantung, dan pencernaan. Mereka juga mengandung antioksidan yang kuat.

3. Kacang Pistachio

Kacang pistachio mengandung protein, serat, dan lemak sehat. Kacang ini juga mengandung banyak vitamin dan mineral, termasuk vitamin B6, thiamin, fosfor, dan tembaga.

4. Kacang Hazel

Kacang hazel mengandung lemak sehat, serat, protein, vitamin E, dan mineral seperti magnesium dan tembaga. Kacang ini juga kaya akan antioksidan yang dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan.

Baca Juga: 7 Alasan Makan Kacang di Musim Hujan, Meningkatkan Mood hingga Atasi Gula Darah

5. Kacang Mete

Kacang mete merupakan sumber yang baik untuk lemak sehat, protein, serat, dan mineral seperti tembaga, magnesium, dan mangan. Makanan ini juga mengandung antioksidan dan fitonutrien yang dapat membantu melawan peradangan.

6. Kacang Brazil

Kacang Brazil kaya akan selenium, mineral yang penting untuk kesehatan imun, fungsi tiroid, dan reproduksi. Mereka juga mengandung lemak sehat, protein, dan serat.

7. Kacang Hitam

Kacang hitam merupakan sumber yang baik untuk protein, serat, vitamin, dan mineral, termasuk zat besi, magnesium, dan folat. Mereka juga mengandung antioksidan yang dapat membantu melawan radikal bebas.

8. Kacang Kedelai

Kacang kedelai merupakan sumber protein nabati yang kaya, serat, vitamin, dan mineral. Makanan ini juga mengandung fitoestrogen, yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan osteoporosis.

Baca Juga: Makan Segenggam Kacang Sehari Bisa Atasi Depresi

Topik Menarik