Jangan Anggap Enteng, 3 Cara Merawat Rem Sepeda Motor agar Bekerja Optimal

Jangan Anggap Enteng, 3 Cara Merawat Rem Sepeda Motor agar Bekerja Optimal

Otomotif | serpong.inews.id | Sabtu, 4 Mei 2024 - 05:40
share

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Rem sepeda motor selalu harus mendapat perawatan optimal guna cegah kemungkinan kecelakaan di jalan saat berkendara.

Sistem pengereman merupakan salah satu komponen terpenting pada kendaraan bermotor, karena berperan dalam memperlambat dan menghentikan laju kendaraan untuk menghindari kecelakaan.

Menghadapi musim mudik Lebaran 2024, dimana masyarakat akan banyak menggunakan sepeda motor untuk perjalanan ke kampung halaman, penting untuk melakukan pengecekan terhadap beberapa komponen, termasuk kampas rem.

Perawatan Fungsi Pengereman

Asst. General Manager Aftersales PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Frengky Rusli, menegaskan pentingnya merawat sepeda motor untuk menjaga fungsi-fungsi utamanya tetap optimal.

"Salah satunya adalah fungsi pengereman yang sangat penting bagi pengendara aktif. Kami, sebagai produsen sepeda motor, berupaya memberikan peringatan dan berbagi tips perawatan fungsi pengereman sepeda motor untuk meningkatkan pengalaman berkendara konsumen," ujar Franky.

Berikut 3 cara merawat rem sepeda motor:

1. Gaya Berkendara dan Pembersihan Kampas Rem

Saat mengendarai sepeda motor, hindarilah kebiasaan menarik gas dan tuas rem secara bersamaan. Kebiasaan ini dapat membuat kampas rem cepat aus atau menipis.

Selain itu, penting juga untuk rutin membersihkan kampas rem menggunakan sikat kawat atau cairan pembersih rem.

Hal ini dilakukan untuk mencegah tumpukan kotoran seperti pasir atau debu halus yang dapat mengganggu kinerja rem secara keseluruhan.

2. Pengecekan dan Penggantian Minyak Rem

Untuk menjaga fungsi rem cakram tetap optimal, penting untuk memeriksa kondisi minyak rem secara berkala. Pastikan volume minyak rem di dalam master rem berada dalam batas normal, jernih, dan bebas dari kotoran.

Pergantian minyak rem perlu dilakukan sesuai dengan buku petunjuk penggunaan, yaitu setiap 24.000 km atau 2 tahun sekali dalam kondisi penggunaan normal.

3. Penggunaan Spare Part Asli

Penting untuk menggunakan spare part asli, karena setiap kampas rem asli telah dirancang khusus sesuai dengan model sepeda motor masing-masing, sehingga dapat menjamin kinerja dan daya tahannya secara optimal. (*)

 


Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews.com oleh Muhammad Fadli Ramadan dengan judul "3 Cara Merawat Rem Sepeda Motor agar Bekerja Optimal".

 

 

 

Topik Menarik