Nyetor ke Papua Berapa? Freeport Indonesia Cetak Laba Rp48,79 Triliun

Nyetor ke Papua Berapa? Freeport Indonesia Cetak Laba Rp48,79 Triliun

Ekonomi | serpong.inews.id | Kamis, 18 April 2024 - 15:30
share

JAKARTA, iNewsSerpong.id - PT Freeport Indonesia (PTFI) telah menyetor dana sebesar Rp3,35 triliun kepada Pemerintah Provinsi Papua Tengah, kabupaten penghasil, dan kabupaten lain di Provinsi Papua Tengah sebagai bagian dari keuntungan bersih perusahaan tahun 2023.

PTFI berhasil mencatat laba bersih sebesar 3,16 miliar dolar AS atau sekitar Rp48,79 triliun (dengan asumsi kurs Rp15.439 per dolar).

"Pembayaran bagi daerah dari keuntungan bersih adalah komitmen nyata perusahaan dalam mendukung peningkatan ekonomi pemerintah daerah," ungkap Presiden Direktur PTFI, Tony Wenas, dalam keterangan resmi pada Rabu (17/4/2024).

Komit Beri Manfaat Masyarakat

Tony menjelaskan bahwa dari total dana Rp3,35 triliun, sekitar Rp839 miliar diberikan kepada Pemprov Papua Tengah dan sekitar Rp1,4 triliun diberikan kepada Pemkab Mimika.

Sedangkan, kabupaten lain di Provinsi Papua Tengah, seperti Kabupaten Nabire, Paniai, Puncak, Puncak Jaya, Dogiyai, Deiyai, dan Intan Jaya, masing-masing menerima sekitar Rp160 miliar.

Total penerimaan negara dari pajak, royalti, dividen, dan pungutan lainnya mencapai lebih dari Rp40 triliun pada tahun 2023, dengan kontribusi ke daerah mencapai lebih dari Rp9 triliun.

Tony menambahkan bahwa PTFI juga berkomitmen untuk memberikan manfaat kepada masyarakat di sekitar wilayah operasional melalui berbagai program investasi sosial.

Pada tahun 2023, nilai investasi sosial PTFI mencapai hampir Rp2 triliun, dan akan terus bertambah sekitar 100 juta dolar AS atau sekitar Rp1,5 triliun per tahun hingga tahun 2041.

"Keberhasilan kami sebagai perusahaan terwujud saat masyarakat di sekitar area operasional mengalami peningkatan taraf hidup dan kesejahteraan. Kami akan terus berkembang bersama Papua hingga penyelesaian operasi penambangan pada tahun 2041," ungkap Tony.



Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Freeport Cetak Laba Rp48,79 Triliun, Nyetor ke Papua Berapa? ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/finance/bisnis/freeport-cetak-laba-rp4879-triliun-nyetor-ke-papua-berapa .

Download aplikasi Inews.id untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
https://www.inews.id/apps

Topik Menarik