9 Artis Indonesia yang Mengaku Punya Gangguan Mental, Nomor 7 Sempat Ingin Sewa Pembunuh Bayaran

9 Artis Indonesia yang Mengaku Punya Gangguan Mental, Nomor 7 Sempat Ingin Sewa Pembunuh Bayaran

Seleb | BuddyKu | Rabu, 7 Juni 2023 - 14:39
share

JAKARTA Sejumlah artis Indonesia ini mengakui memiliki penyakit gangguan mental. Terkenal dan dikagumi oleh publik, bukan jaminan artis atau selebritis terbebas dari masalah mental health atau kesehatan mental.

Beberapa publik figur bahkan ada yang mengalami masalah kesehatan mental sebelum dikenal luas oleh masyarakat. Berikut 7 artis yang mengaku memiiki ganggguan mental.

1.Marshanda Foto/instagram

Nama Marshanda sempat menjadi buah bibir setelah ia kerap tampil di luar kontrol di media sosial. Ia kemudian didiagnosa alami bipolar tipe 2. Karena gangguan kejiwaan yang ia idap, Marshanda kerap bersikap hiperaktif dan sangat cepat berganti-ganti kondisi suasana psikis.

Kadang ia merasa bahagia, namun dalam hitungan detik ia bisa berubah menjadi sedih.Untuk mengurangi gangguan kejiwaannya tersebut, Marshanda pun harus meminum obat-obatan tertentu yang mampu meningkatkan homron pencegah depresi (serotonin) dalam otak. Bahkan, hingga saat ini Marshanda masih kerap menjalani pengobatan di Amerika.

2.Rachel Vennya Foto/instagram

Ibu dua anak itu blak-blakan mengidap bipolar disorder pada 2021. Hal tersebut diungkapnya melalui unggahan video di akun YouTube pribadinya. Ketika itu, Rachel Vennya mengatakan kalau dirinya bertekad untuk sembuh dari gangguan mental tersebut.

3.Medina Zein Foto/instagram

Gangguan bipolar yang diidap Medina Zein terungkap ke publik saat selebgram itu tengah berkasus hukum dengan Uya Kuya.Tak diketahui sejak kapan masalah mental tersebut dialaminya. Medina sampai harus dirawat di rumah sakit jiwa di Bandung untuk mendapatkan pengobatan.

4.Vidi Aldiano foto/instagram

Dikenal sebagai penyanyi kalem, siapa sangka sosok Vidi Aldiano juga pernah alami gangguan kesehatan mental berupa anxiety attack atau kepanikan mendadak.

Anxiety attack sendiri merupakan gangguan kejiwaan berupa rasa cemas berlebihan yang ditandai dengan gelisah, panik, sakit kepala, mudah kaget, sampai pikiran kosong.

5.Mey Chan Foto/instagram

Mantan rekan duet Maia Estianty dalam Duo ratu, Mey Chan ini diketahui mengidap panic attack disorder. Yakni rasa takut, panik, atau gelisah berlebihan secara tiba-tiba yang membuatnya merasa sesak napas, pusing, otot tegang, hingga alami kehilangan kesadaran atau pingsan.

6.Aliando Foto/instagram

Aldiano mengaku jika dirinya didiagnosa Obsessive compulsive disorder atau OCD. Menurut data, OCD merupakan ganggyan mental yang membuat pengidapnya merasa harus melakukan sesuatu. Jika hal tersebut tidak dilakukan, maka ia akan merasa cemas, khawatir, hingga ketakutan.

"Dua tahun kena OCD nggak bisa ngapa-ngapain dan susah untuk dipahami," ujar Aldiano, saat melakukan siaran langsung di Instagram pribadinya, @aliandooo.

7.Ariel Tatum Foto/instagram

Ariel Tatum menjadi salah satu artis yang mengaku dirinya terkena gangguan kejiwaan. Dalam sebuah acara Q&A Metro TV pada Oktober 2019 lalu, Ariel Tatum menjelaskan jika dirinya mengidap gangguan mental borderline personality disorder. Menurutnya, karena gangguan kejiwaannya ini ia sempat alami berbagai hal buruk dalam dirinya.

Termasuk mencoba melakukan beberapa kali bunuh diri. Hingga ia sempat ingin membayar pembunuh bayaran untuk membunuhnya. Ariel pun akhirnya melakukan konsultasi kepada ahli kejiwaan, hingga kini ia mulai bisa mengendalikan diri.

8.Ari Lasso

Memiliki masalah kesehatan mental berupa OCD, kerap membuat Ari Lasso sampai sulit tidur apabila merasa rumahnya belum rapi. Ari mengaku kalau dirinya memang terobsesi dengan kerapian.

9.Awkarin

Awkarin sempat mengalami depresi karena dirundung di media sosial. Baginya, melewati semua bullying tersebut tidak mudah, sekalipun untuk membicarakan atau menuliskan keresahannya. Meski begitu, selebgram ini mengaku merasa beruntung karena mendapat dukungan dari sekitar.

(wyn)

Topik Menarik