Bacaan Doa Setelah Salat Tarawih dan Witir, Lengkap dengan Arab Latin dan Artinya

Bacaan Doa Setelah Salat Tarawih dan Witir, Lengkap dengan Arab Latin dan Artinya

Seleb | celebrities.id | Senin, 11 April 2022 - 15:38
share

JAKARTA, celebrities.id Bacaan doa setelah salat tarawih dan witir perlu diketahui umat Muslim yang menunaikan ibadah di bulan Ramadhan.

Seperti kita tahu, salat tarawih merupakan ibadah sunah yang dilakukan pada malam hari di bulan Ramadhan. Waktu pelaksanaan salat tarawih dilakukan setelah salat Isya, berakhir sampai terbit fajar. Salat tarawih bisa dilakukan berjamaah di masjid maupun sendiri di rumah.

Salat tarawih bisa dilakukan dengan 8 atau 20 rakat dengan diikuti salat witir sebanyak 1 atau 3 rakaat. Setelah melakukan salat, para ulama menganjurkan untuk membaca doa setelah salat.

Berikut bacaan doa setelah salat tarawih dan salat witir lengkap dengan arab, latin, dan artinya.

Doa Setelah Salat Tarawih

Mengutip dari laman NU Online, berikut ini adalah doa yang lazim dibaca para ulama setiap selepas salat tarawih. Doa ini populer dengan sebutan doa kamilin.

Arab latin:
Allhummajaln bil mni kmiln. Wa lil faridli muaddn. Wa lish-shlti hfidhn. Wa liz-zakti filn. Wa lima indaka thlibn. Wa li afwika rjn. Wa bil-hud mutamassikn. Wa anil laghwi muridln. Wa fid-duny zhdn. Wa fil khirati rghibn. Wa bil-qadlI rdln. Wa lin namI sykirn. Wa alal bali shbirn. Wa tahta liwi muhammadin shallallhu alaihi wasallam yaumal qiymati sirna wa alal haudli wridn. Wa ilal jannati dkhiln. Wa minan nri njn. Wa \'al sariirl karmati q\'idn. Wa bi hrun \'in mutazawwijn. Wa min sundusin wa istabraqn wadbjin mutalabbisn. Wa min thamil jannati kiln. Wa min labanin wa asalin mushaffan syribn. Bi akwbin wa abrqa wa kasin min man. Maal ladzna anamta alaihim minan nabiyyna wash shiddqna wasy syuhadi wash shlihna wa hasuna ulika rafqan. Dlikal fadl-lu minallhi wa kaf billhi alman. Allhummajaln f hdzihil lailatisy syahrisy syarfail mubrakah minas suadil maqbln. Wa l tajaln minal asyqiyil marddn. Wa shallallhu al sayyidin muhammadin wa lihi wa shahbihi ajman. Birahmatika y arhamar rhimn wal hamdulillhi rabbil lamn.

Artinya:
Yaa Allah, jadikanlah kami orang-orang yang sempurna imannya, yang memenuhi kewajiban-kewajiban, yang memelihara shalat, yang mengeluarkan zakat, yang mencari apa yang ada di sisi-Mu, yang mengharapkan ampunan-Mu, yang berpegang pada petunjuk, yang berpaling dari kebatilan, yang zuhud di dunia, yang menyenangi akhirat, yang ridha dengan qadla-Mu (ketentuan-Mu), yang mensyukuri nikmat, yang sabar atas segala musibah, yang berada di bawah panji-panji junjungan kami, Nabi Muhammad, pada hari kiamat, yang mengunjungi telaga (Nabi Muhammad), yang masuk ke dalam surga, yang selamat dari api neraka, yang duduk di atas ranjang kemuliaan, yang menikah dengan para bidadari, yang mengenakan berbagai sutra ,yang makan makanan surga, yang minum susu dan madu murni dengan gelas, cangkir, dan cawan bersama orang-orang yang Engkau beri nikmat dari kalangan para nabi, shiddiqin, syuhada dan orang-orang shalih. Mereka itulah teman yang terbaik. Itulah keutamaan (anugerah) dari Allah, dan cukuplah bahwa Allah Maha Mengetahui. Ya Allah, jadikanlah kami pada malam yang mulia dan diberkahi ini termasuk orang-orang yang bahagia dan diterima amalnya, dan janganlah Engkau jadikan kami tergolong orang-orang yang celaka dan ditolak amalnya. Semoga Allah mencurahkan rahmat-Nya atas junjungan kami Muhammad, serta seluruh keluarga dan shahabat beliau. Berkat rahmat-Mu, wahai Yang Paling Penyayang di antara yang penyayang. Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam.

Doa Setelah Salat Witir

Setelah salat witir, kita dianjurkan untuk membaca doa dan wirid sejenak. Melansir dari lama NU Online, berikut sususan bacaan doa setelah selesai salat witir.

1. Syahadat



Asyhadu an l ilha illallh.

Artinya, Aku bersaksi bahwa tiada tuhan selain Allah.

2. Istighfar

Astaghfirullh.

Artinya, Aku memohon ampunan Allah.

3. Permohonan ridha dan surga Allah

Allhumma inn asaluka ridhka wal jannah, wa adzu bika min sakhathika wan nr.

Artinya, Tuhanku, aku memohon ridha dan surga-Mu. Aku juga berlindung kepada (rahmat)-Mu dari murka dan neraka-Mu.

4. Poin 1-3 diulang sebanyak 3 kali

5. Tasbih (3 kali)

Subhnal malikil qudds.

Artinya, Mahasuci Tuhan yang kudus, (HR An-Nasai dan Ibnu Majah).

6. Pujian kesucian

Subbhun, quddsun, rabbun wa rabbul malikati war rh.

Artinya, Suci dan qudus Tuhan kami, Tuhan para malaikat dan Jibril, (HR Al-Baihaqi dan Ad-Daruqutni).

7. Pujian atas keluasan ampunan (3 kali)

Allhumma innaka afuwwun karmun tuhibbul afwa, fafu ann.

Artinya, Tuhanku, sungguh Kau maha pengampun lagi pemurah. Kau menyukai ampunan, oleh karenanya ampunilah aku.

8. Pujian atas kemurahan dan kasih-sayang Allah

Y karmu, bi rahmatika y arhamar rhimna.

Artinya, Wahai Zat yang maha pemurah, (aku memohon) atas berkat rahmat-Mu, wahai Zat yang paling penyayang dari segenap penyayang.

9. Permohonan ampunan dan keselamatan

Allhumma in adzu bi ridhka min sakhathika, wa bi muftika min uqbatika. Wa adzu bika minka, l uhsh tsanan alayka anta kam atsnayta al nafsika.

Artinya, Tuhanku, aku berlindung kepada ridha-Mu dari murka-Mu dan kepada afiat-Mu dari siksa-Mu. Aku meminta perlindungan-Mu dari murka-Mu. Aku tidak (sanggup) membilang pujian-Mu sebanyak Kau memuji diri-Mu sendiri, (HR Abu Dawud, Tirmidzi, An-Nasai, dan Ibnu Majah).

10. Doa setelah salat pada umumnya

11. Doa Salat Witir


Allahumma innaa nasaluka iimaanan daaiman, wa nasaluka qalban khaasyian wa nasaluka ilman naafian, wa nasaluka yaqiinan shaadiqan, wa nasaluka amalan shaalihan, wa nasaluka dinan qayyiman, wa nasaluka khairan katsiiran, wa nasalukal-afwa wal-aafiyah, wa nasaluka tamaamal-aafiyah, wa nasalukasy-syukra alal-aafiyati wa nasalukal-ghinaaa anin-naas. Allahumma rabbanaa taqabbal minnaa shalaatanaa wa shiyaamanaa wa qiyaamanaa wa takhasysyuanaa wa tadharruanaa wa taabbudanaa wa tammim taqshiiranaa yaa Allaah ya Allaah ya Allaah ya arhamar-raahimiin, wa shallallahu alaa khairi khalqihi Muhammadin wa aalaa aalihi wa shahbihii ajmaiina walhamdulillahi rabbil-aalamiin.

Artinya, "Ya Allah, kami mohon pada-Mu, iman yang langgeng, hati yang khusyuk, ilmu yang bermanfaat, keyakinan yang benar, amal yang saleh, agama yang lurus, kebaikan yang banyak. Kami mohon kepada-Mu ampunan dan kesehatan, kesehatan yang sempurna, kami mohon kepada-Mu bersyukur atas karunia kesehatan, kami mohon kepada-Mu kecukupan terhadap sesaama manusia. Ya Allah, tuhan kami terimalah dari kami: shalat, puasa, ibadah, kekhusyu\'an, rendah diri dan ibadaha kami, dan sempurnakanlah segala kekurangan kami. Ya allah, Tuhan yang Maha Pengasih dari segala yang pengasih. Dan semoga kesejahteraan dilimpahkan kepada makhluk-Nya yang terbaik, Nabi Muhammad SAW, demikian pula keluarga dan para sahabatnya secara keseluruhan. Serta segala puji milik Allah Tuhan semestra alam.

12. Surat Al-Fatihah

13. Doa pendek penutup

14. Niat puasa Ramadhan

Nawaitu shauma ghadin an adi fardhi syahri Ramadhna lillhi tal.

Artinya, Aku berniat untuk berpuasa Bulan Ramadhan esok hari karena Allah SWT.