Keren! 5 Budaya di Indonesia Ini Sudah Mendunia, Wayang Kulit di Posisi Pertama

Keren! 5 Budaya di Indonesia Ini Sudah Mendunia, Wayang Kulit di Posisi Pertama

Seleb | celebrities.id | Rabu, 23 Februari 2022 - 17:05
share

JAKARTA, celebrities.id - Indonesia memiliki banyak sekali budaya dan kesenian yang sudah dikenal luas oleh dunia. Warga dunia pun banyak yang tidak hanya menikmatinya, namun turut serta mencoba lebih dekat dengan kebudayaan Indonesia.

Hal ini tentu menjadi tamparan keras bagi kita yang terkadang masih malu, bahkan belum menyadari dan mencintai budaya pariwisata di negeri sendiri. Sepatutnya sebagai bangsa Indonesia kita berbangga dan ikut melestarikan budaya tersebut.

Dari sekian banyak budaya Indonesia yang ada, inilah 5 budaya Indonesia yang sudah dikenal oleh masyarakat di dunia di Youtube Angka dan Data pada Rabu (23/2/2022):

1. Wayang Kulit

Kesenian dari kulit kerbau yang berasal dari Jawa ini adalah salah satu dari jutaan kesenian budaya di Indonesia yang paling terkenal. Banyak turis mancanegara yang rela datang ke Indonesia untuk belajar tentang wayang.

Dalam pertunjukannya, wayang selalu mempunyai simbol dan filosofis yang begitu dalam. Pertunjukan wayang bahkan telah diakui oleh UNESCO pada 7 November 2003 sebagai karya kebudayaan yang mengagumkan dalam bidang cerita narasi dan warisan yang indah dan berharga.

2. Angklung

Alat musik bernada ganda ini berasal dari Jawa Barat. Bahan dasar yang digunakan dalam alat musik ini adalah bambu. Angklung dimainkan dengan cara digetarkan, sehingga pipa-pipa bambu akan bergetar dan menghasilkan nada tertentu.

Selain berfungsi sebagai alat musik, angklung juga berfungsi sebagai salah satu alat dalam upacara adat untuk mengundang Dewi Sri atau dewi kemakmuran untuk turun ke bumi dan memberikan kesuburan pada padi. Angklung dinobatkan sebagai karya agung warisan budaya lisan dan nonbendawi manusia oleh UNESCO pada November 2010 dan telah menjadi salah satu budaya asli Indonesia yang mendunia.

3. Keris

Keris adalah senjata golongan belati dengan banyak fungsi budaya yang dikenal di kawasan Indonesia bagian barat dan tengah. Bentuknya yang khas dan mudah dibedakan dengan senjata lainnya karena tidak simetris dari bagian pangkal ke bagian ujungnya.

Pada masa lalu, keris berfungsi sebagai senjata dalam duel sekaligus pelengkap sesaji dalam upacara adat. Dalam budaya Jawa, keris sering dikaitkan dengan hal mistik dan memiliki kekuatan tersendiri.

4. Batik

Setiap orang Indonesia pasti memiliki dan pernah batik baik dengan corak tradisional maupun modern dari berbagai daerah. Batik adalah kain bergambar yang memiliki proses pembuatan khusus, yaitu menorehkan malam atau lilin tradisional menggunakan canting di atas kain sebelum kemudian melewati proses pewarnaan yang juga alami.

Hampir semua daerah di Indonesia memiliki motif atau corak batik khas, dan masing-masing memiliki filosofi. Batik telah mendapatkan penghargaan dari UNESCO pada 2 Oktober 2009 sebagai warisan budaya lisan dan nonbendawi manusia.

5. Tari Saman

Tari saman ialah ikon kebangaan sekaligus kebudayaan Indonesia dari provinsi Aceh. Tarian ini berasal dari Suku Gayo dan telah dikenal oleh dunia. Hampir setiap sekolah di Indonesia memiliki kegiatan tari saman dan diikutsertakan dalam perlombaan nasional. Bahkan ajang-ajang olimpiade internasional juga sering menghadirkan tari saman.

Tari saman termasuk salah satu tarian yang unik karena hanya menampilkan gerak tepuk tangan anggota tubuh bagian atas dan lutut, namun bisa menciptakan gerakan yang memesona. Kunci tarian ini terletak pada kekompakan gerakan para penari dengan tempo yang cepat.

Topik Menarik