Bolehkah Mengulang Salat Fardhu? Begini Penjelasan Ustadz Adi Hidayat

Bolehkah Mengulang Salat Fardhu? Begini Penjelasan Ustadz Adi Hidayat

Seleb | celebrities.id | Sabtu, 12 Februari 2022 - 23:15
share

JAKARTA, celebrities.id - Salat fardhu wajib hukumnya dikerjakan oleh setiap Muslim. Namun, bagaimana hukumnya mengulang salat fardhu, apakah diperbolehkan?

Ustadz Adi Hidayat dalam tausiahnya mengatakan mengulang salat fardhu diperbolehkan jika ada hal yang membatalkan atau ada keraguan dalam diri kita, apakah salat yang kita lakukan sudah sah atau belum.

Diperkenankan, boleh-boleh saja. Sepanjang masih berada di waktunya atau ada hal membatalkan, ujar Ustadz Adi Hidayat, mengutip dari Youtube Channel Adi Hidayat Official, Minggu (13/2/2022).

Contoh kasus pertama yakni saat diperjalanan. Keraguan muncul karena pakaian yang digunakan tidak dalam kondisi selalu bersih.

Kasus pertama misalkan di jalan gak tau ya pakaian kita itu bersih atau enggak. Atau misalkan kita jadi makmum ada imam yang kurang jelas bacaan, mau ngulang ya boleh, kata Ustadz Adi Hidayat.

Tidak ada larangan juga sih untuk yang mau mengulang salat, ucapnya lagi.

Apalagi jika ada setan yang menggoda semasa sehabis wudhu sehingga saat melaksanakan salat terjadi was-was yang berlebihan.

Tapi kalau dijadikan itu berlarut, fiqih juga menjelaskan jika salat ya harus khusyuk, tutur Ustadz Adi Hidayat.

Sehabis wudhu ada setan menggoda Walhan, saat salat namanya Hinziq. Itu ada juga gangguan was-was dari mereka, kata Ustadz kelahiran Pandeglang, Banten tersebut.

Diketahui, dalam hadits Bukhari dan lainnya, setan itu histeris teriak melihat manusia bersujud. Maka dari itu, pentingnya perkuat ilmu terlebih dahulu untuk melakoni berbagai ibadah kepada Allah SWT.

Setan kan ketika melihat anak cucu adam sujud dia histeris teriak, ucap Ustadz Adi Hidayat.

Pelajari lagi ilmu fiqih nya permantap semua ajaran salat, insha Allah dijauhi godaan setan, katanya.

Topik Menarik