Perhatikan! Ini Perbedaan Gejala Omicron dengan Flu Biasa

Perhatikan! Ini Perbedaan Gejala Omicron dengan Flu Biasa

Seleb | celebrities.id | Rabu, 2 Februari 2022 - 13:29
share

JAKARTA, celebrities.id - Masyarakat awam masih banyak yang bingung dengan gejala infeksi Covid-19 yang mirip dengan flu. Gejala seperti hidung meler, demam, atau sakit tenggorokan nyatanya bisa menjadi tanda-tanda infeksi Covid-19. Lantas, bagaimana cara membedakan infeksi Covid-19 dengan flu biasa?

Merangkum dari Fortune, Rabu (2/2/2022) berikut beberapa perbedaan gejala flu biasa dengan gejala Covid-19 yang disebabkan oleh varian Omicron. Yuk disimak!

1. Covid-19 varian Omicron

Pada infeksi Covid-19 akibat varian Omicron, gejala seperti batuk, demam, kehilangan indera penciuman dan perasa (anosmia), menggigil disebutkan tak terlalu banyak alias cukup jarang ditemukan.

Gejala yang lebih umum dialami seperti hidung meler, bersin-bersin, sakit tenggorokan, kadang-kadang berkeringat di malam hari (lebih lama dibanding saat flu biasa), sakit kepala, dan merasa kelelahan. Pada Covid-19 karena Omicron, disebutkan juga pasien biasanya tidak mengalami sesak napas.

Rentang waktu atau masa inkubasi, dari pertama terpapar sampai munculnya gejala sekira dua sampai tiga hari.

2.Flu biasa

Gejala paling umum dirasakan saat terserang flu adalah batuk kering, demam, menggigil, sakit kepala, dan tubuh merasa lelah. Kadang-kadang, seseorang juga bisa mengalami hidung meler dan sakit pada tenggorokan.

Biasanya saat terinfeksi flu biasa, seseorang tidak mengalami keringat dingin di malam hari, tidak sesak napas atau terengah-engah, tidak kehilangan kemampuan indera penciuman dan tak bersin-bersin berkelanjutan.

Gejala flu, khasnya muncul dalam dua hari atau bisa juga dalam rentang satu sampai empat hari setelah terpapar.

Topik Menarik