Kilang Cilacap Lepas Keberangkatan 97 Jemaah Calon Haji

Kilang Cilacap Lepas Keberangkatan 97 Jemaah Calon Haji

Ekonomi | purwokerto.inews.id | Selasa, 7 Mei 2024 - 16:50
share

CILACAP, iNewsPurwokerto.id - PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU IV Cilacap melepas keberangkatan 97 jemaah calon haji dari lingkungan Badan Dakwah Islam (BDI) PT KPI RU IV Cilacap menuju Tanah Suci. Simbolis pelepasan jamaah dilakukan dalam Tasyakur dan Pembekalan Akhir Jemaah Calon Haji BDI RU IV di gedung Patra Graha, Minggu (5/5/2024).

Perwakilan BDI RU IV Cilacap Sukondo Jati melaporkan, terdapat 97 jemaah calon hari dari BDI RU IV yang dilepas keberangkatannya. Adapun 36 jemaah merupakan karyawan beserta istri, 61 orang merupakan nonkaryawan beserta istrinya, dan 73 jemaah di antaranya berasal dari KBIHU Miftahul Janaah BDI RU IV.

“Sebaran asal jamaah antara lain dari Kecamatan Maos, Kroya, Nusawungu, Cilacap kota dan Kecamatan Cipari sebagai yang terjauh,” katanya.

Sesuai jadwal, lanjut Jati, direncanakan pemberangkatan jemaah calon haji dari BDI RU IV pada Kamis (16/5/2024) pukul 18.00 WIB di komplek Masjid Baiturrahmah Donan. “Selanjutnya jamaah akan menuju Pendopo Wijayakusuma bergabung dengan jamaah dalam satu kloter,” ujarnya.

Sementara itu, Ahmad Thamrin selaku perwakilan jemaah calon haji dalam kata pamitnya menyampaikan permohonan maaf, serta didoakan agar keseluruhan prosesi dan tahapan haji bisa berjalan aman dan lancar.

“Doa dari jamaah sekalian menjadi penambah energi sejak keberangkatan, prosesi di tanah suci dan kepulangan ke Tanah Air,” tuturnya.

 

GM PT KPI RU IV Cilacap Edy Januari Utama, melalui Manager Operation Performance Improvement (OPI) Agus Rahmat Jamal, mengingatkan kembali kepada jemaah untuk benar-benar menjaga fisik dan mental agar tetap bugar.

“Selain dengan dana besar, haji juga membutuhkan fisik prima. Mari luruskan niat dan hanya berdoa kepada Alah SWT, agar semua dilancarkan dan dimudahkan,” ucapnya.

Agus juga berpesan agar jemaah calon haji turut mendoakan keselamatan operasional Kilang Cilacap dalam menunaikan tugas menyediakan energi bagi bangsa.

“Kilang Cilacap dengan kapasitas terbesar mencapai 348 ribu barrel per hari menyuplai energi 34 persen nasional dan 60 persen di pulau Jawa. Doakan agar kilang kebanggaan kita selalu dalam performa terbaik,” katanya.

Di sesi pembekalan akhir, disampaikan tausiyah oleh KH Arwani Amin dari Ponpes Nurul Ihsan Jeruklegi, Cilacap. Ia mengingatkan 3 hal penting yang harus menjadi pegangan jamaah dalam menunaikan rukun Islam kelima itu.

“Yang pertama bertawakkal sepenuhnya, selalu berbaik sangka kepada Allah SWT atas apa yang terjadi dan mantapkan diri untuk meraih pahala haji,” ucapnya.

Seperti diketahui, jamaah calon haji asal Kabupaten Cilacap tahun ini sejumlah 1.315 orang, terbagi dalam lima kloter, yakni 20, 21, 22, 23, dan kloter 24. Adapun keberangkatan awal dijadwalkan pada 15 dan 16 Mei 2024 mendatang.

Topik Menarik