Apakah Panther Akan Dihidupkan Kembali? Isuzu: Kami Tidak Melupakan

Apakah Panther Akan Dihidupkan Kembali? Isuzu: Kami Tidak Melupakan

Otomotif | inews | Kamis, 23 Mei 2024 - 11:30
share

JAKARTA, iNews.id Bagi penggemar mobil diesel tentu tidak asing lagi dengan Isuzu Panther. Mobil berjuluk Raja Diesel ini disuntik mati pada 2021.

Isuzu Panther hadir di Indonesia perdana pada 1991, mengisi segmen minibus (MPV) dan pikap. Di era kejayaannya model ini menjadi rival berat Toyota Kijang dengan penjualan menyentuh angka 433.117 unit.

Apakah Isuzu tertarik menghidupkan kembali Panther? Kita tidak melupakan Panther, bagaimanapun juga Panther punya andil besar membesarkan nama Isuzu di Indonesia. Namun, sekarang kompetensi global lebih ke commercial vehicle (CV), ujar Marketing Communications Manager PT IAMI, Puti Annisa di Bogor, Selasa (21/5/2024).

Dia menjelaskan prosedur dalam menjual kendaraan penumpang dan komersial sangat berbeda, sehingga sulit jika dijalankan bersamaan. Meski tidak menutup kemungkinan Panther kembali hadir menyapa konsumen Tanah Air, belum akan terjadi dalam waktu dekat.

Hal senada disampaikan Deputy Business Strategy Division Head PT IAMI Rian Erlangga. Dia mengatakan karakter kendaraan komersial dan penumpang memang berbeda.

Dia mencontohkan beberapa fasilitas disediakan Isuzu untuk mengakomodir kebutuhan pemilik kendaraan komersial adalah Bengkel Isuzu Berjalan (BIB) yang tersedia di luar area perkotaan. Kemudian pada kendaraan penumpang umumnya pabrikan memberikan penyegaran dalam jangka waktu tertentu agar dapat menyesuaikan selera dan kebutuhan konsumen.

"Pada kendaraan komersial, facelift atau penyegaran serupa tidak terlalu sering dilakukan. Sebab fungsi utamanya lebih ke fungsional dan bukan tampilan. Jadi saat ini kami akan konsentrasi ke CV dulu, kata Rian.

Isuzu Indonesia saat ini fokus pada kendaraan komersial dengan line up, yakni Isuzu D-Max, Isuzu Elf, Isuzu Traga dan Isuzu Giga.

Topik Menarik