Blue Bird Rilis Taksi Khusus untuk Layani Penumpang Disabilitas, Lansia dan Pasien RS

Blue Bird Rilis Taksi Khusus untuk Layani Penumpang Disabilitas, Lansia dan Pasien RS

Otomotif | inews | Kamis, 25 April 2024 - 16:30
share

JAKARTA, iNews.id - Blue Bird menyiapkan taksi untuk membantu orang-orang berkebutuhan khusus, Lifecare Taxi. Taksi ini melayani penumpang, seperti penyandang disabilitas, pasien rumah sakit (RS), lansia serta orang-orang yang mengalami keterbatasan aktivitas.

Sebagai langkah awal, total lima armada taksi baru berbasis Toyota Voxy dengan spesifikasi khusus diluncurkan. Armada ini masing-masing tiga unit melayani penumpang di kawasan Jabodetabek dan dua unit di Bali. 

Direktur Utama PT Blue Bird Tbk, Adrianto Djokosoetono (Andre) mengatakan, dengan Lifecare Taxi, Bluebird ingin menjembatani kesenjangan aksesibilitas dalam transportasi dan memastikan setiap orang memiliki kesempatan yang sama.

"Kami percaya setiap perjalanan punya cerita, dan Lifecare Taxi dapat membuat cerita-cerita tersebut menjadi lebih berarti, lebih manusiawi dan lebih inklusif bagi semua orang. Jika kebutuhan layanan ini tinggi tidak menutup kemungkinan kami akan menambah armada dan mempeluas layanan,” ujar Direktur Utama PT Blue Bird Tbk, Adrianto Djokosoetono (Andre) di Jakarta, Kamis (25/4/2024).

Lifecare Taxi menggunakan armada baru, yaitu Multi-purpose Vehicle (MPV) Toyota Voxy dengan kursi penumpang dirancang khusus agar bisa naik-turun secara otomatis. Pengemudi taksi ini juga dibekali keahlian khusus cara menggunakan fitur-fitur pada Lifecare Taxi.

"Untuk layanan ini, calon penumpang harus memesan terlebih dulu melalui customer service. Jika sudah dipesan, mereka akan menjadi prioritas," katanya.

Board of Advisors PT Blue Bird Tbk dan Koordinator Bluebird Peduli, Noni Purnomo menuturkan Lifecare Taxi adalah bagian dari program Bluebird Peduli. Layanan tersebut pertama kali diperkenalkan ke publik pada 2014 dan telah membantu ribuan orang.

"Ke depannya, kami berharap dapat menjangkau lebih banyak orang dan memberikan layanan yang lebih baik melalui Lifecare Taxi,” ujarnya 

Guru besar Gerontologi dan Penasihat Centre for Family and Ageing Studies (CeFAS) Universitas Respati Indonesia, Profesor Dr Tri Budi W Rahardjo mengatakan, sebagai ilmuwan dan praktisi yang bergerak di bidang kesejahteraan lansia, pihaknya melihat layanan ini sangat membantu mereka yang memiliki keterbatasan aktivitas.

"Dengan meningkatnya proporsi lansia yang mengalami disabilitas dari 20 persen di usia 65 tahun menjadi 60 persen di usia 90 tahun, Bluebird Lifecare Taxi dapat membantu mereka tetap dapat beraktivitas sesuai dengan kondisinya,” kata Prof Tri Budi.

Topik Menarik