Perlukah Oli Mesin Mobil Diganti Usai Perjalanan Mudik? Jangan Lupa Cek Kondisinya

Perlukah Oli Mesin Mobil Diganti Usai Perjalanan Mudik? Jangan Lupa Cek Kondisinya

Otomotif | inews | Sabtu, 20 April 2024 - 16:16
share

JAKARTA, iNews.id - Mobil pribadi menjadi pilihan sebagian besar masyarakat Indonesia untuk mudik. Lalu lintas padat membuat mesin bekerja karena suhu meningkat dan membuat oli menguap. 

Sebelum melakukan perjalanan mudik, pemilik mobil wajib memeriksa volume oli mesin demi kenyamanan dan keamanan. Oli mesin yang kurang dapat menyebabkan komponen di dalam mesin tidak terlumasi dengan sempurna dan menyebabkan kerusakan. 

Namun, pemilik mobil juga harus memerhatikan kondisi oli mesin setelah melakukan perjalanan kembali ke kota. Karena, oli mesin dapat menguap akibat suhu yang terlalu panas, sehingga volume berkurang. 

“Di masa liburan pasti macet, oli mesin perlu diganti atau tidak, perlu dicek dulu kondisinya. Kalau masih bagus ya nggak perlu ganti, cukup ditambahkan saja olinya kalau volume-nya berkurang,” kata Ponty Kepala Mekanik Shop and Drive kepada MNC Portal.

Jika kondisi lalu lintas alami kepadatan parah dengan kondisi stop and go di sepanjang perjalanan, maka penggantian oli perlu dilakukan setelah kembali dari mudik Lebaran demi menjaga kondisi mesin tetap prima.

“Kalau memang di perjalanan macet sampai berjam-jam dan jarak perjalannya cukup jauh, memang alangkah baiknya oli mesin diganti untuk menjaga kondisi mesin tetap optimal,” ujar Ponty.

Namun, apabila kondisi perjalanan relatif lancar, Ponty menyarankan untuk mengganti oli mesin sesuai dengan masa pakai. Kendati begitu, pengecekan perlu dilakukan untuk memastikan kondisi oli masih layak pakai atau tidak.

“Kita bisa melihat atau mengecek dari kondisi oli dan waktu gantinya. Kalau memang sudah mendekati waktu ganti atau kondisinya sudah jelek sebaiknya diganti agar performa mesin lebih prima,” tuturnya.

Selain itu, Ponty juga mengingatkan kepada pemilik mobil untuk melakukan pengecekan pada komponen lainnya. Terutama sebelum melakukan perjalanan, ini untuk membuat perjalanan menadi lebih aman dan nyaman.

“Bukan hanya pengecekan oli, ini juga wajib didukung dengan pengecekan komponen yang lain apabila ingin melakukan perjalanan jauh. Ini untuk memastikan perjalanan terasa aman dan nyaman,” katanya

Topik Menarik