Mudik Lebaran 2024 : Sebelum Mudik Sebaiknya Spooring Dulu Ban Mobil

Mudik Lebaran 2024 : Sebelum Mudik Sebaiknya Spooring Dulu Ban Mobil

Otomotif | serpong.inews.id | Jum'at, 29 Maret 2024 - 11:40
share

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Pemudik yang berencana menggunakan kendaraan pribadi alangkah baiknya mobil dispooring dulu di bengkel.

Spooring ban adalah jenis perawatan kendaraan yang bertujuan meluruskan posisi dudukan ban. Ban merupakan salah satu komponen krusial dalam penggerak kendaraan, sehingga penting untuk memastikan keselamatan selama perjalanan.

Spooring ban perlu dilakukan secara berkala karena penggunaan yang sering dapat menyebabkan pergeseran posisi ban dari posisi awalnya.

Posisi Standar Pabrik

Terutama ketika mobil digunakan untuk mudik, tidak jarang ban akan mengalami perubahan posisi lebih cepat akibat kondisi jalan yang dilalui.

Spooring ban akan memastikan bahwa posisi keempat ban mobil kembali diluruskan ke pengaturan semula.

Berdasarkan informasi dari blog resmi Daihatsu, spooring akan mengembalikan letak keempat ban ke posisi standar pabrik.

Spooring diperlukan jika pengemudi merasakan ketidaknyamanan saat mengemudi pada kecepatan tinggi atau jika posisi keempat roda terlihat tidak lurus atau sejajar ketika mobil diam.

Biasanya, spooring ban dilakukan setiap enam bulan. Namun, jika sering melakukan perjalanan jauh atau melalui jalan dengan kondisi buruk, spooring bisa dilakukan setiap 10.000 kilometer.

Meskipun terkesan merepotkan, melakukan spooring akan memberikan pengalaman berkendara yang lebih aman dan nyaman serta menjadi bagian penting dari perawatan untuk mencegah kerusakan dini pada mobil. (*)


Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews.com oleh Tangguh Yudha Ramadhan dengan judul "Ini Pentingnya Spooring Ban Mobil sebelum Dipakai Mudik".

Topik Menarik