Mudik Takut Mabuk di Perjalanan, Begini Caranya agar Tidak Pusing dan Mual di Kendaraan

Mudik Takut Mabuk di Perjalanan, Begini Caranya agar Tidak Pusing dan Mual di Kendaraan

Otomotif | inews | Rabu, 27 Maret 2024 - 14:21
share

JAKARTA, iNews.id - Tidak sedikit orang enggan berpergian jauh ke luar kota karena takut mabuk di perjalanan. Namun, memasuki mudik Lebaran kondisi ini tidak bisa terhindarkan.

Apalagi bila rute yang dilalui jauh dan berkelok-kelok. Kondisi ini sangat menyiksa. Gejala yang dialami biasanya mual, pusing, muntah hingga sesak napas.

Bagaimana caranya agar tidak mabuk di perjalanan? Dilansir berbagai sumber, Rabu (27/3/2024), berikut tips agar tidak mabuk saat mudik Lebaran

1. Jangan biarkan perut kosong

Cara pertama agar tidak mengalami mabuk perjalanan adalah jangan biarkan perut kosong. Sebelum berangkat, makan secukupnya.

Ingat jangan pula mengonsumsi makanan berat yang mengenyangkan. Sebab, jika kondisi perut terlalu kenyang guncangan di jalan bisa menyebabkan mual.

2. Jangan main HP saat perjalanan

Bermain HP saat perjalanan berpotensi besar membuat pusing, mual bahkan muntah. Ini disebabkan terjadi ketidakselarasan fokus antara mata dan telinga.

Sebab itu, dalam perjalanan pastikan tidak bermain HP. Untuk menghilangkan gabut bisa mendengarkan musik atau ngobrol dengan orang terdekat.

3. Posisi duduk tepat

Posisi duduk yang tepat menjadi salah satu kunci terhindar dari mabuk perjalanan. Hindari duduk menghadap ke belakang atau samping karena ini dapat memperparah mabuk perjalanan.

Pastikan duduk menghadap ke depan. Pasalnya, posisi ini akan mengurangi sensasi guncangan akibat gerakan kendaraan.

4. Istirahat cukup

Kondisi tubuh yang lelah tentu dapat mengakibatkan tubuh tidak fit dan pada akhirnya membuat mabuk perjalanan. Pastikan cukup istirahat sebelum melakukan perjalanan.

5. Minum obat antimabuk

Tips lainnya agar tidak mabuk perjalanan adalah dengan minum obat antimabuk perjalanan. Minum obat seperti dimenhydrinate atau scopolamine, namun perlu diingat dosisnya harus sesuai anjuran dokter.

Itulah hal yang harus diperhatikan, agar tidak mabuk saat mudik Lebaran.

Topik Menarik