Awal Tahun Lesu, AHM Optimistis Penjualan Motor di Indonesia Bangkit Capai Target 6,5 Juta Unit

Awal Tahun Lesu, AHM Optimistis Penjualan Motor di Indonesia Bangkit Capai Target 6,5 Juta Unit

Otomotif | inews | Selasa, 26 Maret 2024 - 21:15
share

JAKARTA, iNews.id - Penjualan sepeda motor di Indonesia pada awal 2024 lebih rendah dibandingkan tahun sebelumnya. Kondisi ini terjadi disebabkan banyak faktor yang mewarnai pasar otomotif Indonesia.

Executive Vice President PT Astra Honda Motor (AHM), Thomas Wijaya mengungkapkan, target penjualan sepeda motor di Indonesia (AISI) tahun ini sebanyak 6,2 juta hingga 6,5 juta unit. Namun, pada dua bulan pertama 2024 penjualan sedikit menurun.

"Kondisi ini terjadi dipengaruhi banyak faktor. Situasi politik terkait dengan pemilu dan kondisi ekonomi di berbagai daerah karena cuaca dan bencana yang terjadi di awal tahun," ujarnya di Jakarta, Selasa (26/3/2024).

Dia menuturkan, pada tahun sebelumnya banyak rintangan, tantangan geopolitik dan geoekonomi, namun Honda berhasil mempertahankan pemimpin pasar dengan market share 78 persen dari total penjualan 6,2 juta unit motor.

"Namun, dalam 2 bulan terakhir terkoreksi 3 persen dibandingkan tahun sebelumnya dengan market share 76 persen. Meski demikian, kami optimistis pasar kembali tumbuh," katanya.

Hal senada disampaikan Marketing Director AHM, Octavianus Dwi Putro. Dia yakin penjualan motor akan bangkit karena pemilu sudah selesai yang diharapkan roda perekenomian kembali berjalan baik. Perusahaan juga akan melakukan akselerasi dalam penjualan.

"Kami yakin setelah Lebaran pasar kembali membaik, Take off. Terlebih hasil pemilu sudah keluar, perekenomian diharapkan bisa kembali berputar tidak terguncang seperti sebelumnya," kata Octavianus.

Adapun pada penjualan 2023 jenis motor paling laris di dalam negeri adalah model skutik dengan porsi 89,73 persen atau sekitar 5,59 juta unit. Berikutnya model underbone 5,19 persen dan motor sport 5,08 persen.

Topik Menarik