Seleb AS Ramai-Ramai Tolak Bayar Elon Musk untuk Centang Biru Twitter

Seleb AS Ramai-Ramai Tolak Bayar Elon Musk untuk Centang Biru Twitter

Otomotif | BuddyKu | Minggu, 2 April 2023 - 00:24
share

IDXChannel - Tepat 1 April, perusahaan media sosial Twitter mulai menghapus tanda centang biru yang diperoleh pengguna saat platform masih berada di tangan Jack Dorsey. Kini pengguna harus membayar terlebih dahulu agar centang biru muncul kembali.

Dilansir dari Tech Crunch pada Sabtu (1/4/2023), ini merupakan kebijakan yang dikeluarkan oleh Elon Musk pasca media sosial berlogo burung tersebut diakuisisi olehnya. Kebijakan kontroversial tersebut dikeluarkan karena menurut Musk pemberian centang biru oleh Twitter di masa lalu tidak masuk akal dan penuh dengan transaksi janggal.

Namun alih-alih mendapat sambutan positif dari para pengguna Twitter, kebijakan Musk ini justru mendapat penolakan keras. Para seleb dunia yang sebelumnya mendapat centang biru gratis dari Twitter versi Jack Dorsey kompak untuk mengecam tindakan Musk yang dinilai semena-mena kepada pengguna.

Menurut mereka, penghapusan centang biru gratis justru malah membuat tanda centang birumenjadi murahan. Pasalnya kini semua pengguna bisa mendapatkan centang biru hanya dengan berlangganan Twitter Blue seharga USD8 atau setara Rp120.000, tanpa harus tenar dan menjadi publik figur.

Penolakan dilontarkan oleh superstar bola basket LeBron James. Dalam sebuah cuitan, ia melontarkan kalimat nyimyir bahwa mulai sekarang centang birunya hilang karena tidak membayar Twitter Blue. Jelas ini bukan soal mampu tak mampu, mengingat penghasilan pemain NBA itu berada di angka USD40 juta atau Rp600 miliar per tahun.

Penolakan juga datang dari aktor William Shatner. Dengan memention akun Twitter Elon Musk, Shatner melayangkan kalimat penuh kekecewaan yang berbunyi, "Sekarang Anda memberi tahu saya bahwa saya harus membayar untuk sesuatu yang Anda berikan kepada saya secara gratis?"

Michael Thomas, penerima NFL\'s New Orleans Saints, menyimpulkannya bahwa dengan diberlakukannya kebijakan ini, maka tidak ada lagi seleb yang menginginkan centang biru. Ia bahkan tak malu-malu menyebut bahwa centang biru sekarang ini terlihat compang-camping karena kemudahan dalam mendapatkannya.

MVP Super Bowl Patrick Mahomes II tahun ini, juga seorang atlet bergaji sangat tinggi, bercanda bahwa dia tidak dapat membayar USD8 karena dia memiliki anak untuk diurus. Ada juga Cornerback Philadelphia Eagles Darius Slay membuat kesimpulan bahwa kebijakan ini tak terlalu buruk karena bisa membuatnyaterbebas dari komen pedas haters.

Twitter memang terus menuai kontrovesi pasca diakuisisi oleh Elon Musk. Saat ini, pengguna Twitter hanya bisa memperoleh centang dengan membelinya melalui program berbayar Twitter Blue. Padahal tanda centang biru di masa lalu dibagikan secara gratis asalkan pupuler dan telah terverifikasi keasliannya. (WHY)

Topik Menarik