Tambah Kapasitas Mesin Honda Luncurkan Skutik ADV160, Begini Penampakannya

Tambah Kapasitas Mesin Honda Luncurkan Skutik ADV160, Begini Penampakannya

Otomotif | BuddyKu | Jum'at, 1 Juli 2022 - 15:26
share

JAKARTA, iNews.id - Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan skutik Honda ADV160. Tak hanya punya wajah baru, model ini mendapat penambahan kapasitas mesin sebesar 10 cc dari model sebelumnya.

Honda ADV160 mempertahankan identitasnya sebagai skutik bongsor adventure (penjelajah) dengan berbagai fitur keamanan dan kenyamanan untuk perjalanan jauh.

President Director AHM Keiichi Yasuda mengatakan pembaruan pada New Honda ADV160 merupakan jawaban dari keinginan konsumen terhadap motor besar penjelajah jalanan.

Dengan penyempurnaan di berbagai sisi, New Honda ADV160 menghadirkan pengalaman berkendara berbeda, baik digunakan untuk menjelajah atau penggunaan harian. Performa dan fitur-fitur pada skutik ini mendukung pengendara untuk perjalanan jarak jauh, ujarnya, dalam keterangan pers, Jumat (1/7/2022).

Executive Vice President Director AHM Johannes Loman menambahkan kontur dan kondisi jalanan di Indonesia yang beragam menjadi poin tersendiri bagi pengendara yang gemar menjelajah.

New Honda ADV160 mempunyai desain urban explorer yang tangguh dan kokoh. Seperti pada bodi samping belakang yang mempunyai penampang lebih lebar, dan bodi samping depan yang semakin tajam yang membuat ruang pijakan kaki (step floor) lebih luas, katanya.

Berubahnya bentuk bodi samping menambah luas volume bagasi. ADV160 memiliki ruang penyimpanan sebesar 30 liter (naik 2 liter) yang dapat menunjang kebutuhan pengguna dalam menyimpan barang.

Desain Eksterior

Tampilan depan, desain lampu dipertahankan dengan LED dan daytime running lights (DRL). Di belakang, skutik ini dilengkapi lampu stop dan lampu sein LED, dipadukan dengan sepatbor yang memiliki desain layaknya motor besar.

Tinggi jok kini menjadi 780 mm, lebih rendah dari sebelumnya (berkurang 15 mm), dipadukan dengan ground clearance New Honda ADV160 yang cukup tinggi, yakni 165 mm. Kombinasi tersebut memberikan kenyamanan pengendara saat menjelajah berbagai kondisi jalan.

Suspensi menggunakan wavy disc brake sebesar 240mm pada roda depan dan sebesar 220 mm pada roda belakang, memberikan kestabilan dalam melakukan pengereman dan lebih sporty.

width=560

Kapasitas Mesin

Honda ADV160 didukung mesin 160 cc 4 katup, berpendingin cairan, eSP+ dengan sistem pembakaran injeksi PGM-FI. Mesin tersebut mampu mendukung gaya berkendara dengan tenaga 11,8 kW @8.500 rpm dan torsi hingga 14,7 NM @6.500 rpm.

Berdasarkan hasil tes internal dengan metoda WMTC-EURO 3, konsumsi bahan bakar ADV160 menunjukkan angka 45 km/liter (fitur ISS on), sehingga mampu menempuh jarak hingga 364 km dalam sekali pengisian penuh bahan bakar.

Fitur-fitur

Untuk fitur keamanan, New Honda ADV160 ditunjang Honda Smart Key dan alarm system. Motor ini juga dibekali pilihan fitur Anti-lock Braking System (ABS) dan Combi Brake System (CBS) dengan triple pots hydraulic.

Khusus tipe ABS, disematkan teknologi Honda Selectable Torque Control (HSTC). Fitur yang biasa disematkan pada big bike dan motor-motor premium Honda itu berfungsi membatasi torsi mesin jika terdeteksi ada perbedaan kecepatan putaran ban depan dengan ban belakang, sehingga potensi terjadinya ban selip dapat dihindari.

Selain itu, fitur Emergency Stop Signal) (ESS) tetap menjadi andalan, yang secara otomatis akan mengaktifkan lampu hazard saat melakukan pengereman mendadak. Teknologi ini berguna untuk memberikan peringatan ke pengendara di sekitar untuk menghindari kemungkinan kecelakaan.

ACG starter melengkapi kemampuannya agar tetap halus saat mesin dinyalakan. Fitur ini bergandengan dengan ISS (Idling Stop System) yang membuat mesin mati otomatis saat berhenti, dan menyala kembali hanya dengan memutar tuas gas. Fitur lainnya ada USB charger pada console box dengan daya maksimal 5V 2,1A, menggantikan power charger pada model lama.

width=560

Berapa harga motor ini? New Honda ADV160 dipasarkan dalam dua tipe ABS dan CBS dengan total 6 varian warna. Ripe CBS yang dipasarkan seharga Rp36.000.000 on the road Jakarta, dengan tiga pilihan warna, yakni Dynamic Black, Dynamic Red, dan Dynamic White.

Sementara tipe ABS dijual seharga Rp39.250.000 dengan tiga pilihan warna, yakni Tough Matte Black, Tough Matte Red, dan Tough Matte White. Pada tipe ini, emblem di samping bodi dengan laburan warna Burn Titanium, begitu pula dengan pelek dan handle bar.

Topik Menarik