Jelang MXGP of Indonesia 2022, Arus Penyeberangan Kayangan–Poto Tano Meningkat

Jelang MXGP of Indonesia 2022, Arus Penyeberangan Kayangan–Poto Tano Meningkat

Otomotif | BuddyKu | Sabtu, 25 Juni 2022 - 01:16
share

SUMBAWA BESAR - Arus penyeberangan di Kayangan (Lombok Timur) menuju Poto Tano (Sumbawa Barat) meningkat jelang MXGP of Indonesia 2022. Kepadatan tersebut terjadi mulai beberapa hari terakhir.

Pantauan MNC Portal Indonesia (MPI) di lapangan, Jumat (24/6/2022), terjadi antrean panjang kendaraan baik roda 2 maupun roda 4 yang hendak masuk kapal. Mereka berbondong-bondong menuju Samota, Sumbawa Besar, untuk menyaksikan MXGP of Indonesia 2022.

General Manajer ASDP Kayangan, Ahmad Faizal mengatakan, puncak peningkatan trafik penyeberangan diperkirakan terjadi mulai Jumat (24/6/2022) malam hingga Sabtu (25/6/2022). Peningkatan terjadi untuk kendaraan bus penumpang, mobil station, dan juga sepeda motor.

Kami menyiapkan kapal ekstra untuk mengantisipasi lonjakan tersebut, kata Ahmad Faizal kepada wartawan, Jumat (24/6/2022).

Dalam tiga hari terakhir, terjadi peningkatan volume kendaraan hingga 45. Ahmad memperkirakan volume kendaraan akan terus meningkat. Terlebih, puncak kegiatan MXGP Samota 2022 berlangsung pada Minggu (26/6/2022).

Jumlah armada yang tersedia di penyeberangan Kayangan-Poto Tano diketahui sebanyak 24 kapal. Berdasarkan jadwal normal, setiap hari ada 10 kapal yang beroperasi.

Kendati volume kendaraan padat, Ahmad justru senang. Pihaknya mendukung penuh gelaran MXGP Samota lantaran bisa meningkatkan kunjungan wisata ke Sumbawa, NTB.

MXGP Samota ini sangat strategis untuk meningkatkan pariwisata ke Sumbawa, tukas Ahmad.

Selain menyiapkan kapal ekstra, ASDP Kayangan juga membangun terminal penumpang tambahan, perluasan area parkir, dan penambahan loket. Terdapat terminal penumpang tambahan yang terbuat dari tenda namun dilengkapi dengan AC.

ASDP juga memastikan kapal-kapal yang melayani penyeberangan menerapkan standar kebersihan dan CHSE. Keamanan dan kenyamanan selama penyeberangan Kayangan-Poto Tano menjadi fokus dan prioritas ASDP.

Selain itu, untuk memecah antrean kendaraan di saat puncak balik, ASDP juga menambah lahan parkir di pelabuhan Poto Tano, Sumbawa Barat. Semua langkah dilakukan guna menyukseskan gelaran MXGP 2022 di Sirkuit Rocket MXGP Samota tersebut.

Topik Menarik