Keren, Pabrik Chery di Indonesia Juga akan Buat Mobil Listrik

Keren, Pabrik Chery di Indonesia Juga akan Buat Mobil Listrik

Otomotif | sindonews | Sabtu, 9 April 2022 - 12:00
share

JAKARTA - Perusahaan mobil China, Chery akhirnya balik lagi ke Indonesia. Menariknya selain membawa beberapa mobil-mobil baru, yang dilakukan di Indonesia International Motor Show Hybrid 2022 (IIMS), Chery juga akan membangun pabrik di Indonesia.

Rencananya pabrik itu akan memproduksi mobil-mobil yang akan disuplai untuk pasar Indonesia dan juga ekspor. Tambahannya lagi pabrik itu bahkan disiapkan untuk memproduksi mobil listrik.

Dalam keterangan resmi yang dikirimkan ke SINDONEWScom, Chery mengungkapkan rencana pengembangan pabrik Chery yang sudah didengungkan sejak awal juga akan diperuntukkan bagi varian-varian listrik. Hal itu menurut mereka adalah sebuah bukti bahwa Chery sudah sangat matang dan strategis menetapkan berbagai rencana di Indonesia dan berkomitmen untuk menjadi bagian dari kebangkitan industri otomotif Indonesia.

"Indonesia merupakan wilayah yang strategis dalam perkembangan ekonomi Asia Tenggara, oleh karenanya kami akan mendirikan pabrik di Indonesia yang tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan pasar Indonesia, tetapi juga untuk diekspor ke negara Asia Tenggara lainnya," jelas Major Qin, Marketing and Product Director PT Chery Motor Indonesia.

Sebelumnya dalam pembukaan IIMS Hybrid 2022, President Director PT Chery Motor Indonesia Tao Yong mengatakan saat ini mereka memang tengah berusaha mencari tempat untuk membangun pabrik. Menurutnya pabrik itu akan menjadi basis produksi sekaligus batu pijakan pabrikan untuk menggarap pasar Asia Tenggara (ASEAN) yang sedang dalam tahap pertumbuhan positif.

"Tapi sebenarnya memang saat ini sedang kami cari (tempat untuk jadi pabrik). Kemudian, kami juga sedang melakukan komunikasi dengan pemerintah untuk mencari lebih jelas lagi di mana lokasi yang bagus," ujar dia.

"Kami juga perlu persiapan yang panjang terutama dengan bagaimana peraturan daerah tersebut. Untuk itu, rencana jangka panjang terkait masih dalam pencarian," ucap Tao.

Adapun komunikasi yang sedang terjalin saat ini antara Chery dengan pemerintah Indonesia, disebutkan tengah terjalin baik. Hanya saja, ia masih enggan untuk mengungkap lebih jauh. "Komunikasi sedang berjalan, tapi untuk implementasinya kapan nanti akan kami informasikan lagi," ucapnya.

Topik Menarik