Biodata dan Agama Nasrullo Kabirov, Wasit Kontroversi Asal Tajikistan di Laga Timnas Indonesia vs Qatar Piala Asia U-23 2024 

Biodata dan Agama Nasrullo Kabirov, Wasit Kontroversi Asal Tajikistan di Laga Timnas Indonesia vs Qatar Piala Asia U-23 2024 

Olahraga | inews | Selasa, 16 April 2024 - 21:20
share

JAKARTA, iNews.id - Biodata dan Agama Nasrullo Kabirov menarik perhatian pencinta sepak bola Tanah Air. Usai wasit asal Tajikistan itu dinilai merugikan Timnas Indonesia U-23 di laga perdana Grup Piala Asia U-23 2024 kontra tuan rumah, Qatar, Senin (15/4/2024).

Di laga yang dihelat di Stadion Jassim bin Hamad, Doha, Qatar itu Nasrullo mengeluarkan tiga kartu kuning dan dua kartu merah untuk Timnas Indonesia. Dua kartu merah itu untuk Ramadhan Sananta dan Ivar Jenner.

Fans Timnas Indonesia menilai keputusan wasit Nasrullo dianggap tidak adil dalam menanggapi pelanggaran keras terhadap Witan Sulaeman. Saifeldeen Fadlalla yang menjegal pemain Persija Jakarta itu hanya dihadiahi kartu kuning.

Selain itu, Nasrullo juga tidak memberikan peringatan kepada pemain Qatar yang kerap kali mengulur waktu pertandingan.

Biodata dan Agama Nasrullo Kabirov

Menurut berbagai sumber, Selasa (16/4/2024), Nasrullo Kabirov lahir pada 5 Mei 1985. Wasit berpaspor Tajikistan ini diketahui telah menjabat sebagai wasit FIFA sejak tahun 2013.

Diketahui jika wasit yang menganut agama Islam itu telah dipercaya untuk memimpin laga-laga ruang lingkup AFC sejak 2017. Bahkan, sebelum ini Nasrullo sempat jadi wasit di laga Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 di Thailand dan beberapa edisi Piala Asia.

Ternyata, Nasrullo juga sempat memimpin beberapa laga Asian Games 2018 yang saat itu dihelat di Jakarta-Palembang. Lalu, wasit berusia 38 tahun itu juga berpartisipasi di SEA Games ke-31 Vietnam 2021.

Atas keputusan yang dinilai merugikan, skuad asuhan Shin Tae-yong harus kalah dari tuan rumah dengan skor 2-0. Alhasil, Indonesia kini menjadi juru kunci Grup A Piala Asia U-23 2024 dengan 0 poin.

Meski kalah di laga kontra Qatar, Timnas Indonesia masih memiliki kesempatan untuk lolos ke babak selanjutnya. Dengan catatan, skuad Garuda Muda harus menang di laga selanjutnya dan lolos sebagai runner-up grup A.

Nantinya, Rizky Ridho dan kawan-kawan akan melakoni laga kedua grup A kontra Australia, Kamis (18/4/2024). Lalu, dilanjutkan dengan laga pamungkas kontra Yordania empat hari berselang.

Demikian ulasan mengenai biodata dan agama Nasrullo Kabirov. Semoga bermanfaat!

Topik Menarik