Timnas Indonesia U-23 Dicurangi Wasit, Netizen Tanah Air Serbu 4 Akun Instagram

Timnas Indonesia U-23 Dicurangi Wasit, Netizen Tanah Air Serbu 4 Akun Instagram

Olahraga | inews | Selasa, 16 April 2024 - 07:26
share

JAKARTA, iNews.id – Netizen Tanah Air marah atas bobroknya kinerja wasit asal Tajikistan, Nasrullo Kabirov saat memimpin laga Timnas Indonesia U-23 vs Qatar pada Piala Asia U-23 2024, Senin (15/4/2024). 

Netizen menilai wasit terlalu memihak ke tim tuan rumah dengan keputusan-keputusan yang kontroversial. Kondisi itu dinilai menjadi biang keladi kekalahan 0-2 Garuda Muda dari Qatar di Jassim bin Hammad Stadium.

Sontak, netizen melampiaskan kemarahannya dengan menyerbu empat akun Instagram, yakni akun federasi sepak bola Tajikistan (@fft_offcial), federasi sepak bola Qatar (@qfa), Piala Asia (@asiancup), dan Nasrullo Kabirov (@nasrullo_ref).

Para warganet memberikan komentar-komentar pedas dalam empat akun itu. Hal itu sebagai bentuk kekecewaan terhadap kinerja sang wasit sepanjang laga tersebut. 

Keberpihakan wasit dan aparat pertandingan lainnya terlihat saat menunjuk titik penalti di akhir babak pertama. Kala itu, Rizky Ridho dianggap menyikut pemain Qatar Khalid Ali Sabah di kotak terlarang. Padahal, ayunan tangan bek Persija itu terjadi sebagai imbas benturan dirinya dengan sang lawan. Penalti itu pun dimanfaatkan Khaled Ali menjadi gol. 

Pada awal babak kedua, sang wasit kembali mengeluarkan keputusan kontroversial. Dia memberi Ivar Jenner kartu kuning kedua yang mengakibatkan kartu merah. 

Ivar Jenner dianggap melakukan pelanggaran kepada Saif Eldeen Hassan yang langsung melakukan aksi teatrikal berguling-guling kesakitan. Padahal dari tayangan ulang Ivar Jenner terlihat minim sentuhan dengan sang lawan. Ironisnya, wasit tak mau melihat VAR. 

Masih ada beberapa keputusan wasit yang patut dipertanyakan. Hal itu menjadi landasan netizen Indonesia memberikan reaksi keras sebagai dukungan untuk tim asuhan Shin Tae-yong.

Topik Menarik