Nathan Tjoe-A-On dan Thom Haye Sebut Pengalaman Tak Menyenangkan di SUGBK: Sulit Napas, Lapangan Buruk

Nathan Tjoe-A-On dan Thom Haye Sebut Pengalaman Tak Menyenangkan di SUGBK: Sulit Napas, Lapangan Buruk

Olahraga | inews | Jum'at, 5 April 2024 - 08:00
share

JAKARTA, iNews.id - Dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia Nathan Tjoe-A-On dan Thom Haye menyebutkan pengalaman tak menyenangkan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). Mereka kompak mengeluhkan kadar oksigen hingga sulit bernapas.

Nathan debut bersama Timnas Indonesia di SUGBK saat melawan Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2026, Kamis 21 Maret. Dia langsung dipercaya sang Pelatih Shin Tae-yong menjadi starter.

Debutnya berkostum Garuda kala itu berakhir manis. Indonesia menang 1-0 berkat gol semata wayang Egy Maulana Vikri.

Thom Haye, Jay Idzes dan Ragnar Oratmangoen trending topic usai Indonesia bantai Vietnam 3-0 pada laga lanjutanGrup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di My Dinh National Stadium, Selasa (26/3/2024) malam WIB. (Foto: PSSI)

Namun Nathan kurang senang dengan kondisi lapangan SUGBK. Dia juga mengaku kesulitan bernapas dan mendengar akibat situasi di stadion yang super berisik.

"Kandungan oksigen di udara sangat rendah. Anda hampir tidak mendapatkan udara apa pun dan cuacanya sangat panas," kata Nathan dikutip dari Media Belanda, Omrop Fryslan, Jumat (5/4/2024).

"Lapangannya tidak bagus dan Anda sulit mendengar satu sama lain. Sulit untuk bermain sepak bola," ujarnya.

Sementara Haye saat itu belum bisa bermain. Sebab dirinya belum merampungkan proses perpindahan federasi meski sudah disumpah sebagai Warga Negara Indonesia.

Haye juga mendapat pengalaman tak sedap di tribune SUGBK. Pemain SC Heerenveen itu mengaku suasana di sana sangat pengap.

"Saya kesulitan bernapas di tribune. Saya mendapat banyak tekanan dari panas itu. Saya ingin tetap berada di tribune selama mungkin, tapi pada titik tertentu saya masuk ke ruangan ber-AC," tutur Haye.

Gelandang Timnas Indonesia, Thom Haye. (Foto: PSSI)

"Saya pergi dengan beberapa orang ke ruangan tersebut untuk menonton, karena di tribune penonton tidak tertahankan," ucapnya.

Haye baru bisa bermain bersama Timnas Indonesia pada laga kedua melawan Vietnam di Hanoi, Selasa 26 Maret. Dia langsung membuat satu assist dalam kemenangan telak 3-0.

Topik Menarik