Belum Fit, Ernando Ari Tetap Dipanggil Timnas Indonesia U-23: Sempat Ada Intrik Klub dan PSSI

Belum Fit, Ernando Ari Tetap Dipanggil Timnas Indonesia U-23: Sempat Ada Intrik Klub dan PSSI

Olahraga | inews | Selasa, 2 April 2024 - 15:19
share

JAKARTA, iNews.id Kiper Timnas Indonesia U-23, Ernando Ari, belum fit 100 persen. Namun, dia tetap dipanggil untuk masuk skuad pemusatan latihan (TC) Piala Asia U-23 2024.

Ernando bahkan membeberkan sempat ada friksi antara klubnya, Persebaya Surabaya, dengan PSSI terkait pemanggilan dirinya ke Timnas Indonesia U-23.

Ernando masuk dalam daftar 28 pemain yang dipanggil Pelatih Shin Tae-yong untuk persiapan Timnas Indonesia U-23 proyeksi Piala Asia U-23 2024. Dipanggilnya kiper berusia 22 tahun ini cukup menyorot perhatian karena kondisinya sedang dalam proses pemulihan cedera bahu kanan yang diderita pada awal Februari lalu.

Namun, Ernando mendapat panggilan mendadak kala Timnas Indonesia senior bertandang ke markas Vietnam dalam lanjutan Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Padahal, kondisinya masih belum fit 100 persen.

Sekarang, dia lagi-lagi dipanggil ke Timnas Indonesia U-23 kendati kondisinya baru 90 pulih persen.

Ernando menyampaikan sempat ada friksi karena sejatinya dia sudah dijadwalkan menjalani tes lebih dulu pada Senin (1/4/2024) kemarin, bertepatan dengan jadwal keberangkatan Timnas Indonesia U-23 ke Dubai untuk menjalani TC. Hingga solusinya, dia akan menjalani tes medis lebih dulu setibanya di Dubai, Uni Emirat Arab.

Kondisi Alhamdulillah sudah 90 persen, kata Ernando saat ditemui awak media di Jakarta pada Senin (1/4/2024).

Sebelum berangkat ke sini ada intrik dulu antara klub dengan PSSI karena saya harus hadir di (cek) data supaya set ready to play untuk 100 persen ke lapangan. Sebenarnya tesnya itu sekarang (kemarin), jadi besok (hari ini) harus mengikuti ujian tes medis di Dubai dulu, papar Ernando.

Meski demikian, Ernando senang bisa mendapat kepercayaan membela Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia U-23 2024. Kiper andalan Persebaya ini menegaskan siap untuk membawa Skuad Garuda Muda mewujudkan target yang telah ditetapkan.

Alhamdulillah bersyukur dapat panggilan lagi dan juga kita ada target besar di U-23. Jadi saya dan tim semua fokus untuk kejar target itu, Ernando menjelaskan.

Piala Asia U-23 2024 akan berlangsung di Qatar pada 15 April sampai 3 Mei mendatang. Timnas Indonesia U-23 tergabung dalam Grup A bersama tuan rumah Qatar, Australia, dan Yordania.

Maka dari itu, Skuad Garuda Muda mematangkan persiapannya di Dubai yang nantinya akan menjalani dua laga uji coba melawan Arab Saudi dan Uni Emirat Arab.

Topik Menarik