Shin Tae-yong Sebut Generasi Emas Vietnam Punah, Giliran Indonesia Berjaya!

Shin Tae-yong Sebut Generasi Emas Vietnam Punah, Giliran Indonesia Berjaya!

Olahraga | inews | Sabtu, 30 Maret 2024 - 16:20
share

JAKARTA, iNews.id - Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong menyebut generasi emas Vietnam sudah punah. Kini giliran talenta muda Garuda yang unjuk gigi.

Timnas Indonesia membungkam Vietnam dua kali dalam lanjutan Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Pada pertemuan pertama, Skuad Garuda menang tipis 1-0 lalu menang telak 3-0 di laga kedua.

Shin Tae-yong menilai Vietnam tetap tim yang kuat. Tapi menurutnya, generasi emas The Golden Star Warriors telah berakhir.

Timnas Indonesia membantai Vietnam 3-0 pada lanjutan Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026, Selasa (26/3/2024) malam WIB. (Foto: Instagram/jokowi)

Beda dengan Timnas Indonesia yang saat ini sedang membangun generasi emas dan akan terus bergerak maju untuk bisa mendunia.

Kami melakukan hal yang sama seperti yang kami lakukan selama ini. Vietnam adalah tim yang kuat. Namun, generasi emas Vietnam akan segera berakhir. Di sisi lain, Indonesia sedang membangun generasi emas dan terus bergerak maju, kata Shin Tae-yong, dilansir Nate, Sabtu (30/3/2024).

Rata-rata usia pemain di bawah 23 tahun, pada pertandingan pertama melawan Vietnam berusia 21,5 tahun, dan pada pertandingan kedua berusia 22,5 tahun. Mereka tidak berusia di atas 23 tahun, sambungnya.

Shin Tae-yong menceritakan perjalanan membentuk generasi emas Timnas Indonesia. Juru taktik Korea Selatan itu benar-benar membangun Skuad Garuda dari pembinaan pemain muda.

Terbukti, tim senior saat ini mayoritas dihuni oleh pemain muda. Hal ini tentunya sangat berdampak positif untuk masa depan.

Ranking FIFA Timnas Indonesia usai membantai Vietnam 3-0 pada lanjutan Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026, Selasa (26/3/2024) malam WIB menarik diulas. (Foto: PSSI)

Saya mengambil risiko besar saat pertama kali menjabat di Indonesia. Saya fokus membina pemain muda. Saya menyaksikan banyak pemain, banyak yang tersingkir, dan banyak yang bertahan. Pemain yang bertahan kini menjadi pemain utama tim nasional Indonesia, jelas Shin Tae-yong.

Hal ini tercapai. Dalam jangka panjang, saya telah melihat jauh ke depan. Para pemain sekarang mengetahui gaya saya dengan baik dan mengikuti dengan baik. Mereka bekerja sangat keras. Tim mendapatkan kekuatan karena melakukan hal itu, ucapnya.

Topik Menarik