5 Kandidat Kuat Pelatih Baru Timnas Vietnam: Ada Zico dari Thailand hingga Park Hang-seo

5 Kandidat Kuat Pelatih Baru Timnas Vietnam: Ada Zico dari Thailand hingga Park Hang-seo

Olahraga | inews | Kamis, 28 Maret 2024 - 05:01
share

HANOI, iNews.id- Ada lima kandidat kuat calon pelatih baru Timnas Vietnam usai ditinggal Phillipe Troussier. Troussier dipecat setelah Vietnam dibantai Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Vietnam tak berdaya melawan Indonesia di dua laga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Vietnam keok 0-1 di pertemuan pertama di Stadion Gelora Bung Karno, Kamis (21/3/2024).

Lalu Golden Star kembali kalah saat pertemuan kedua di Stadion My Dinh, Selasa (26/3/2021). Vietnam dibantai Indonesia 0-3.

Kekalahan itu sangat menyakitkan bagi publik Vietnam. Desakan untuk memecat Troussier sangat kencang.

Akhirnya, usai laga di Stadion My Dinh, Troussier langsung dipecat. Kini Golden Star belum memiliki pelatih kepala.

Media-media Vietnam pun mulai membahas kandidat kuat yang bakal jadi pelatih Golden Star. Dikuti dari media Soha, Rabu (27/3/2024) ada lima nama yang jadi kandidat kuat pelatih Vietnam.

Berikut lima calon kuat pelatih baru Timnas Vietnam:

1. Kiatisuk Senamuang

Kiatisuk dinilai sangat paham tentang sepak bola Vietnam. Dia juga salah satu pelatih sukses di Asia Tenggara.

Kiatisuk pernah mempersembahkan 2 kali juara Piala AFF bagi Thailand. Saat ini, pria berjuluk 'Zico Thai' memimpin klub Vietnam CAHN Club.

Dia sangat familiar dengan beberapa pemain Timnas Vietnam seperti Quang Hai, Filip Nguyen, Bui Hoang Viet Anh. Hampir setengah dari pemain Vietnam saat ini telah bekerja secara langsung dengan pelatih Kiatisuk.

2. Hoang Anh Tuan

Pelatih Hoang Anh Tuan terkenal dengan prestasinya dalam membantu Timnas U-19 Vietnam memenangkan tiket ke Piala Dunia U-20 2017. Banyak dari pemain tahun itu yang kemudian menjadi pilar tim nasional U23 dan Vietnam.

Tangan dinginnya dalam memoles pemain generasi muda sangat berpengaruh di Vietnam. Namun, Hoang Anh Tuan perlu membiasakan diri jika diberi tanggung jawab memimpin tim nasional.

3. Chu Dinh Nghiem

Pelatih Chu Dinh Nghiem dan Hanoi FC mendominasi V.League selama beberapa musim. Hal yang paling menonjol dari pelatih ini adalah kemampuannya memanfaatkan sumber daya manusia dan membangun gaya bermain yang terkoordinasi dengan filosofi yang jelas.

4. Daiki Iwamasa

Pelatih asal Jepang ini baru saja mengambil alih Hanoi FC. Sebelumnya, Daiki Iwamasa punya pengalaman memimpin Klub Kashima Antlers. Namun, ahli strategi berusia 42 tahun ini tidak memiliki pengalaman dalam kepemimpinan di level tim nasional.

5. Park Hang-seo

Nama terakhir ini sudah tak asing lagi bagi sepak bola Vietnam. Dia merupakan pelatih tersukses dalam sejarah tim Vietnam.

Park Hang-seo jadi salah satu kandidat kuat untuk kembali memimpin Vietnam. Terlebih hingga saat ini pelatih asal Korea Selatan masing menganggur.

Pelatih Park Hang-seo memiliki hubungan yang baik dengan banyak pilar tim Vietnam dan juga tim U23. Namun, tampaknya rencananya ditujukan untuk memimpin klub V.League daripada di level tim.

Topik Menarik